NewsOTOMOTIFRem Cakram

Pemilik Motor Harus Tahu Penyebab Rem Cakram Depan Tidak Pakem

Darmaji Nss
5 May 2021, May 05, 2021
Last Updated 2021-08-26T06:52:21Z
Ben Apik Motor
Advertisement

 


Penyebab Rem Cakram Depan Tidak Pakem


Kabar Ngetren - Rem cakram merupakan salah satu pendukung keselamatan dalam berkendara. Apa jadinya jika rem blong atau tidak pakem akibat kampasnya aus dan tidak pakem karena kena genangan air. Pada umumnya penggantian rem sepeda motor di lakukan setiap 3 – 4 bulan, atau tergantung pemakaian. Penyebab rem yang tidak pakem dan berasa ngelos tentunya harus secepatnya di atasi karena hal ini sangat beresiko jika di biarkan.

Namun demikian penyebab rem kurang pakem di sebabkan oleh beberapa hal, yaitu piringan cakram yang mulai terkikis dan kerusakan pada seal master rem. Akibat terkena panas dan air hujan juga bisa menyebabkan seal master rem kotor dan karatan bahkan bisa sampai keropos dan harus segera di lakukan penggantian.

Penyebab Rem Cakram Depan Tidak Pakem


Bukan hanya seal master rem yang di bagian atas saja, seal master rem yang di bagian bawah atau orang menyebutnya kepala babi ini juga mudah rusak akibat kemasukan kotoran. Biasanya kepala babi ini setelah 5 tahun sudah mulai bermasalah, dan cara terbaik untuk mengatasinya ialah di lakukan penggantian baru. Akan tetapi jika masih di bawah 5 tahun masih bisa di perbaiki di bengkel-bengkel biasa atau di bengkel resmi.

Faktor lain adalah piringan cakram yang sudah mulai menipis akibat terlambat dalam melakukan pergantian kampas rem. Hal ini bisa menyebabkan roda selip bahkan bisa terkunci. Akibat kerusakan pada seal master ini selain sistem pengeremanya menjadi tidak pakem, juga bisa mengakibatkan rem blong alias ngelos pada saat di gunakan.

Minyak rem berkurang atau habis juga salah satu penyebab. Hal ini biasanya di sebabkan karena kebocoran atau kondisi kampas rem yang sudah mulai menipis. Solusinya adalah dengan menambahkan minyak rem sesuai dengan standart dan anjuran, atau umunya menggunakan minyak rem jenis DOT 3.

Apabila pada kampas maupun pringaan atau tromol terkena oli ini sangat beresiko bagi pengendaranya. Karena rem jika terkena oli pengereman tidak ada alias ngelos karena licin dan bisa mengakibatkan kecelakaan bagi pengendaranya untuk itu perlu di lakukan pengecekan pada bagian kampas rem pada motor. Untuk mengatasi masalah tersebut harus di bersihkan dengan menggunakan sabun agar oli pada rem hilang.

Rem adalah elemen yang sangat penting untuk mendukung keselamatan mengemudi pada sepeda motor.

Untuk sepeda keluaran terakhir hampir semuanya dilengkapi dengan rem cakram, karena dalam hal pengereman, itu dianggap lebih populer dengan bendungan. Tetapi jika rem cakram sepeda saya merasa kurang populer?

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rem cakram sepeda motor kurang populer. Hal yang paling umum adalah bahwa liner rem tipis, kualitas pelapisan rem rendah, atau ada masalah dengan sistem pengereman hidrarus.

Penyebab lain dari rem cakram sepeda motor yang hilang disebabkan oleh kotoran lengket. Tetapi begitu bumi tersapu, maka rem digunakan seperti sebelumnya.

Untuk keselamatan jalan, tentu saja, ini harus menjadi perhatian. Kondisi pengereman harus dipertimbangkan. Konsultasikan dengan kondisi fisik rem cakram sepeda motor, baik cakram dan bantalan rem.

Memeriksa liner rem dapat dibayar atau diperiksa untuk melihat celah. Jika celah liner rem tidak terlihat di satu sisi artinya lapisan itu ada.

Jika kondisi liner rem masih tebal tetapi kanan-cara kurangnya penggunaan, itu bisa terjadi karena kualitas trim rem rendah.

Selalu gunakan bantalan rem asli untuk menjaga mesin dalam kondisi yang selalu dapat diandalkan.

Gelembung udara dalam rem juga dapat memengaruhi tidak adanya frekuensi rem cakram Anda. Ketika rem bekerja terlalu panas, dapat memanaskan minyak rem mendidih.

Ini menyebabkan gelembung udara dari minyak rem mendidih. Gelembung udara dapat menahan keinginan untuk meremas minyak ke sanggurdi di pipa sehingga mempengaruhi penurunan kualitas pengereman.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai penyebab rem cakram depan tidak pakem atau ngelos dan pengeremanya kurang pakem pada sepeda motor. Semoga dengan sedikit ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih banyak atas kunjungannya

TrendingMore