Kalo Mengalami Hal ini Oli Motor Harus Segera Diganti Kalo Mengalami Hal ini Oli Motor Harus Segera Diganti -->

Kalo Mengalami Hal ini Oli Motor Harus Segera Diganti

4 May 2021



Kabar Ngetren - Hi sobat ngetren, agar siklus kerja mesin berjalan lancar dan tetap terjaga performanya di butuhkan perawatan khusus. Salah satunya di pelukan penggantian oli secara rutin dan berkala.

Oli merupakan pelumas utama pada bagian mesin dan sangat berpengaruh oleh panas dan kerak yang diakibatkan oleh pembakaran.

Fungsi oli sangat penting pada motor. Selain untuk melumasi, peran oli pada mesin berfungsi juga sebagai perata panas ke semua bagian mesin.

Di saat busi bekerja maka akan menghasilkan kerak dan panas. Sebagian kerak tersebut akan masuk ke dalam ruang engkol melalui celah ring piston.

Yang mengakibatkan oli bisa kecampur dengan kerak sisa pembakaran dan bisa mempengaruhi suhu mesin. Sehingga bisa mengubah kualitas dari suhu mesin. baik fisik maupun kemampuan oli dalam melumasi juga akan berubah.

Makanya kalo kelamaan olinya enggak di ganti, oli bisa berubah warna menjadi hitam dan teksturnya lebih cair.

Kalo struktur oli mesin sampai rusak bisa menyebabkan kurangnya daya pelumas. Padahal kalo pelumasnya enggak ada, mesin enggak akan bertahan lama dan komponen mesin juga lebih cepat aus hingga akhirnya rusak.

Untuk penggantian oli mesin biasanya kalo jarak tempuh sudah mencapai 3000 kilometer sampai 5000 kilometer. Setiap motor yang mencapai interval ini maka harus melakukan penggantian oli.

Kalo mesin di anggap masih normal atau performanya enggak ada masalah tapi jika oli mesin kondisinya kurang baik maka akan menurunkan daya lumasnya.

Kalo memang bisa bertahan lebih lama atau lebih cepat, ini tergantung oleh kualitas oli itu sendiri.

Tandanya oli motor harus ganti. Meskipun belum waktunya ganti oli, tapi kalo merasakan tanda-tanda seperti berikut ini segera ganti oli

Oli berwarna hitam dan encer
Oli mesin baru biasanya biasaya berwarna biru atau kuning. Nah, warna hitam pada oli karena zat panas atau zat emisi atau kerak sisa pembakaran.

Jadi kesimpulannya oli yang berwarna hitam sudah tercampur dengan banyak zat, kerak, gas NOx dan bensin yang enggak terbakar sehingga daya lumasnya akan menurun dan mesin pun lebih cepat ausnya.

Takaran oli mesin kurang
Motor dengan kapasitas 150 CC kebawah biasanya volume olinya di bawah 1 liter (sekitar 800 Ml). Akan tetapi, takaran oli tersebut dapat berubah seiring dengan bertambahnya pemakaian mesin.

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut terjadi, antara lain oli menguap saat kepanasan, oli masuk ke ruang bakar secara langsung melalui celah dari ring piston dan adanya kebocoran oli.

Merasakan suhu mesin lebih panas dari biasanya
Di saat kondisi oli memburuk, daya hantar panasnya juga menjadi berkurang. Ini yang mengakibatkan penyebaran panas jadi enggak rata. Sehingga pemilik kendaraan akan merasa radiasi panas dari area blok mesin ke arah kaki yang sebelumnya enggak terasa.

Suara mesin menjadi kasar
Suara mesin yang kasar ini di sebabkan oleh kualitas oli yang mulai menurun karena out of date maka daya lumasnya pada gear transmisipun juga ikut terganggu.

Jangan sampai telat ganti oli ya sobat ngetren.

Ad Placement

Ad Placement