Air BerasManfaat Air BerasMerawat RambutNews

Ketahui Manfaat Air Beras untuk Merawat Rambut

14 Apr 2021, April 14, 2021 WAT
Last Updated 2021-05-02T03:55:49Z
Advertisement


Kabar Ngetren - Enggak ada batasnya bagi kesehatan tubuh, manfaat air beras juga bisa dirasakan dari segi kecantikan. kulit wajah, tubuh, dan rambut bisa dirawat menggunakan bahan alami ini. Apa saja manfaat air beras untuk kesehatan dan kecantikan?

Beberapa penelitian bersejarah juga mengatakan bahwa pada zaman Heian di Jepang, air beras digunakan para wanita untuk menyisir rambutnya. Mungkin kalau disamakan dengan sekarang, fungsinya mirip dengan conditioner.

Ini adalah kandungan yang terdapat di dalam air beras yang banyak manfaatnya :

-Anti-oksidan, mencegah kerontokan dan merawat rambut yang kering.
-Vitamin B, yang baik untuk menyuplai oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan batang rambut.
-Berbagai macam mineral, untuk menutrisi kulit kepala dan mencegah kerontokan.
-Vitamin E, untuk menjaga vitalitas dan memperbaiki batang rambut yang rusak.
-Asam amino, untuk menjaga kesehatan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Air cucian beras disebut-sebut memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaat air beras yang cukup banyak dibicarakan ialah untuk kesehatan rambut. Benarkah air beras bisa digunakan untuk merawat rambut agar lebih sehat dan indah? Bagaimana cara pakainya?

Kandungan air beras
Butiran beras mengandung 75 hingga 80 persen pati. Air beras adalah air tepung yang tersisa setelah beras direndam atau dimasak.

Manfaat air beras untuk rambut
Menggunakan air cucian beras untuk kesehatan dan rambut bukan hal yang baru lagi. Temuan zaman dahulu kala menyatakan bahwa rahasia perawatan rambut wanita Jepang kuno ialah air cucian beras. Para ilmuwan dan ahli kecantikan akhirnya melakukan berbagai penelitian mengenai keampuhan air cucian beras untuk memperindah dan memperkuat rambut.

yaitu bahan yang ditemukan dalam air beras mampu menembus ke dalam rambut yang rusak dan memperbaikinya dari dalam. Maka, hal ini akan berefek pada tampilan rambut yang sehat dan indah. Bahkan, inositol mampu membantu melindungi rambut dari kerusakan di masa depan.

Sayangnya, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mendukung bukti ilmiah bawa air beras memiliki manfat untuk kesehatan rambut. Meski begitu, Anda bisa tetap mencoba sendiri pakai air cucian beras untuk melihat seberapa efektif bahan ini untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut.

Bagaimana cara menyiapkan air beras?
Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan air beras, yaitu

Merendam beras
Cara paling mudah untuk mendapatkan air cucian beras ialah dengan merendamnya. Berikut langkah-langkahnya:

-Ambil ½ cangkir beras
-Cuci hingga bersih.
-Masukkan beras ke dalam mangkuk -dengan menambahkan 2-3 cangkir air.
-Diamkan selama 30 menit.
-Saring air beras ke dalam mangkuk bersih.
-difermentasikan (diamkan selama 8 jam)
-gunakan setelah keramas
-diamkan 15 menit kemudian bilas

Antioksidan dalam air cucian beras yang difermentasi ini dipercaya dapat mencegah dan melawan kerusakan sel rambut dan juga kulit. Atas dasar inilah air cucian beras yang difermentasi dinyatakan memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan dengan air cucian beras yang hanya direndam ya lovers

TrendingMore