Ketahui 7 Manfaat Jinten Hitam atau Habbatussauda untuk Kesehatan Ketahui 7 Manfaat Jinten Hitam atau Habbatussauda untuk Kesehatan -->

Ketahui 7 Manfaat Jinten Hitam atau Habbatussauda untuk Kesehatan

16 Apr 2021



Kabar Ngetren - Jintan hitam (Nigella sativa) atau yang biasa dikenal dengan sebutan habbatussauda merupakan tanaman dari Timur Tengah yang biasa diolah untuk jadi bumbu masakan

habbatussauda juga sudah lama digunakan sebagai obat herbal untuk menangani berbagai penyakit berbahaya dan diyakini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan.

Tanaman dengan nama latin Nigella sativa ini adalah jenis tanaman semak ini yang juga menghasilkan buah dengan biji hitam kecil.

Jintan hitam punya banyak sekali nama lain, termasuk habbatussauda, nigella, bunga adas, atau ketumbar Romawi.

Bahan alami ini digunakan oleh beberapa orang untuk pengobatan asma, diabetes, hipertensi, penurunan berat badan, dan kondisi lainnya.

Mengingat saat ini bulan puasa, tidak ada salahnya mencoba konsumsi habbatussauda untuk menjaga kebugaran tubuh. Habbatussauda sendiri di tengah masyarakat biasa dikonsumsi sebagai bumbu makanan atau suplemen

1. Punya sifat antikanker
Meski butuh studi lebih lanjut, beberapa peneliti menemukan kalau habbatussauda bisa memiliki sifat antikanker.

2. Turunkan kolesterol
Menariknya peneliti menemukan kalau minyak habbatussauda lebih memiliki efek kuat menurunkan kolesterol dibandingkan habbatussauda bubuk.

3. Bantu pencernaan
Kandungan minyak atsiri pada habbatussauda dapat memperbaiki gangguan sistem pencernaan.

4. Kendalikan gula darah
Konsumsi suplemen habbatussauda memperbaiki kondisi gula darah puasa dan gula darah rata-rata.

5. Lawan bakteri
Habbatussauda juga pernah diteliti untuk menghadapi methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA), sejenis bakteri yang kebal terhadap antibiotik. Laporan dalam Journal of Ayub Medical College Abbottabad 2008 menyebut kalau komponen habbatussauda dapat menghambat pertumbuhan MRSA.

6.Cegah jerawat
Ramuan minyak habbatussauda dan jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk mencegah jerawat timbul. Hal ini karena habbatussauda disebut oleh beberapa penelitian punya sifat kuat untuk meredakan peradangan atau inflamasi.

7. Cegah tukak lambung
Tukak lambung adalah luka yang terjadi pada dinding lambung akibat terkikis oleh asam. Jinten hitam ini banyak manfaat dan kegunaaannya dalam keseharian kita ya lovers.

Ad Placement

Ad Placement