Kenali Masalah yang Terjadi pada Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Kenali Masalah yang Terjadi pada Sistem Kelistrikan Sepeda Motor -->

Kenali Masalah yang Terjadi pada Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

19 Apr 2021



Kabar Ngetren -
Memiliki sepeda motor kalo enggak di rawat dengan baik banayak mengalami berbagai masalah lho guyss. Jika kelistrikan mengalami gangguan maka siapa yang merasa terganggu, Kita sndiri kan guyss.

Kendala yang sering terjadi pada motor biasanya aki sama sekring. Tapi, kalo kerusakanya sudah merembet kemana-mana biayanya enggak sedikit. Sebagai pemilik sepeda motor sedikit banyak kalian harus paham masalah yang terjadi pada motor.

Di rangkum dari beberapa sumber berikut masalah-masalah yang terjadi pada sepeda motor.

1. Kiprok
Kiprok menjadi salah satu penyebab kerusakn dalam kelistrikan motor, karena kiprok memiliki peran penting untuk pengisian aki pada motor. Cara mudahnya fungsi kiprok untuk menyetabilkan arus listrik dari spul lalu di salurkan ke aki. Maka jangan heran kalo part satu ini juga bisa rusak.

Kalo kiproknya rusak biasanya lampu motor redup dan motor juga sedikit susah di nyalakan. Begitu juga sebaliknya kalo kiprok over charger bisa menyebabkan lampu utama sering putus dan aki juga cepat soak.

2. Bendik starter
Nah, buat kalian yang enggak begitu faham tentang dunia kelistrikan motor mendengar kata bendik mungkin agak asing di telinga. Bendik berperan sebagai perantara untuk mengonekkan dari aki ke dinamao starter memlalui tombol starter motor.

Jika sudah berusia tertentu bandik juga menalami kendala dan kerusakan, karena kalo si bandik ini rusak motor enggak bisa di starter. Kalo bagian bandik ini rusak biasanya di iringi tanda muncul bunyi berisik pada saat di pencet tombol starternya.

3. Switch Rem
Yang bisa menyebabkan kelistrikan motor selanjutnya adalah switch. Fungsi switch rem adalah untuk memutus dan menyambungkan arus listrik dari aki ke lampu rem dan berkaitan juga ke starter motor.

Kalo switch rem ini mengalami kerusakan bukan hanya rem yang enggak menyala, tapi juga motor enggak bisa di starter.

4. Spull
Komponen yang satu ini juga bisa menyebabkan masalah kelistrikan motor. Spull atau generator merupakan bagian dari perangkat komponen yang berfungsi untuk dijadikan sebagai sumber listrik motor.

Dalam hal ini spull dapat menghasilkan arus bolak-balik dengan arah yang sama ,kemudian AC akan mengalami perubahan menjadi DC.

Sedangkan tenaga Listrik yang telah dihasilkan oleh spull akan digunakan guna untuk mengisi aki sepeda motor, misalnya pada komponen seperti busi, CDI, aliran, umbi dan masih banyak lagi.

Kemudian supaya dapat mensuplai listrik, maka di butuhkan kiprok agar supali listrik yang masuk ke aki menjadi stabil dan pengisiannya lebih optimal.


Ad Placement

Ad Placement