Cara Membuat Jamu dan Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Cara Membuat Jamu dan Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan -->

Cara Membuat Jamu dan Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

11 Apr 2021



Kabar Ngetren - Temulawak yang bernama latin curcuma xanthorrhiza ini seringkali dijadikan sebagi obat alami oleh masyarakat Indonesia.

Umumnya, tanaman ini memiliki kulit yang berwarna kuning muda. Sebagai tanaman monokotil, tanaman ini tidak memiliki akar tunggang. Akar yang dipunyai yaitu akar rimpang.

Rimpang adalah bagian batang yang terletak di bawah tanah. Rimpang juga disebut sebagai umbi akar atau umbi batang. Di antara semua rimpang bergenus Curcuma, rimpang tanaman inilah yang paling besar di antara tanaman lainnya.

Rimpang temulawak mengandung kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak, selulosa, dan mineral. Pati merupakan komponen terbesar dalam rimpang temulawak. Pati biasanya berwarna putih kekuningan karena mengandung kurkuminoid

Dalam penggunaannya, temulawak kerap dimanfaatkan dalam berbagai bentuk, ada yang berupa ekstrak bubuk maupun ekstrak berbentuk krim untuk wajah.

Selain memiliki sifat antioksidan, temulawak memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu tubuh mengatasi peradangan yang dapat terjadi sewaktu-waktu.

Antiinflamasi yang terkandung dalam temulawak dapat menyembuhkan luka yang dialami akibat goresan benda tajam atau terjatuh dari kendaraan bermotor.

Temulawak dapat mengurangi peradangan yang terkadang dapat menyebabkan luka menjadi makin parah dan sulit sembuh.

Mengonsumsi temulawak juga dapat membantu Anda yang sedang mengalami diare dan masalah pencernaan lainnya, seperti sembelit atau sulit buang air besar

Salah satu manfaat temulawak yang terkenal yakni mampu menambah nafsu makan. Kandungan atsiri dalam temulawak kerap dimanfaatkan oleh orang-orang yang kehilangan nafsu makan umumnya pada anak-anak.

Untuk membuat minuman yang menyegarkan dari bahan temulawak bahan bahannya

Jamu Temulawak

Bahan:

- 100 g temulawak iris tipis
- 100 g jahe iris tipis
- 5 batang sereh iris tipis
- 200 gr gula aren
- 1500 ml air
- 1 sdt garam
- 4 lembar daun pandan, sobek-sobek
- 1500 ml air mineral

Cara membuat:

a. Didihkan air, lalu masukkan seluruh bahan dan rebus.
b. Tunggu hingga air sedikit berkurang.
c. Tuang ke dalam gelas.
d. Bisa langsung diminum atau ditambahkan jeruk nipis terlebih dahulu.

Ad Placement

Ad Placement