Batang SiwakGosok GigiHEALTHManfaat Batang SiwakNews

Batang Siwak Ternyata Sangat Bagus untuk Gosok Gigi

Trihapsari ID
13 Apr 2021, April 13, 2021
Last Updated 2021-05-02T03:56:10Z
Ben Apik Motor
Advertisement



Kabar Ngetren - Daripada menggosok gigi dengan pasta gigi, siwak lebih disunahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kandungan siwak nyatanya melebihi kandungan yang ada di pasta gigi, sehingga manfaat siwak untuk kesehatan rongga mulut cukup banyak.

Siwak atau miswak adalah batang atau ranting dari pohon arak (Salvador persica). Pohon yang termasuk dalam ketegori semak belukar ini banyak ditemui di wilayah Timur Tengah.

Ada banyak kandungan alami di dalam siwak yang diyakini mampu menjaga kesehatan gigi dan mulut, di antaranya alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride. Di samping itu, siwak juga mengandung bahan alami lain, seperti vitamin C, kalsium, sulfur, essential oil, dan tannin.

Mencegah terbentuknya plak gigi 

Plak gigi dapat dengan mudah terbentuk bila Anda malas menyikat gigi setelah makan. Sisa makanan yang masih menempel di permukaan dan sela-sela gigi akan menumpuk dan membentuk plak. Plak dapat diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat merusak gigi.

1. Mencegah terbentuknya plak gigi

Plak gigi dapat dengan mudah terbentuk bila Anda malas menyikat gigi setelah makan. Sisa makanan yang masih menempel di permukaan dan sela-sela gigi akan menumpuk dan membentuk plak. Plak dapat diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat merusak gigi.Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa membersihkan gigi dengan siwak

2. Mencegah bau mulut dan menyegarkan napas

Selain mencegah gigi berlubang, bersiwak juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Ini karena batang atau ranting siwak mengandung zat antibakteri alami yang dapat menghambat pertumbuhan kuman penyebab bau mulut.

3. Mencegah gigi berlubang dan merawat kekuatan gigi

Siwak dipercaya dapat mencegah gigi berlubang. Manfaat ini bisa diperoleh berkat essential oil yang terkandung di dalam siwak, dan cara penggunaannya yang harus dikunyah terlebih dulu sehingga meningkatkan produksi air liur dalam mulut

4. . Melindungi gusi

Manfaat lain yang bisa Anda peroleh dari rutin membersihkan gigi dengan siwak adalah melindungi gusi. Pasalnya, siwak mampu mencegah pembentukan plak dan pertumbuhan bakteri di antara sela gigi dan gusi sehingga mengurangi risiko terjadinya radang gusi (gingivitis)

Terus cara pakai nya gimana sih lovers ?
Bagaimana Cara Memakai Siwak?

a. Potong dan kupas ujung siwak sekitar 1 cm.
b. Kunyah ujung siwak yang telah dikupas sampai serat batangnya terbuka dan membentuk bulu.
c. Bila sudah lunak dan membentuk bulu-bulu sikat, segera rendam siwak dalam air.
d. Bersihkan gigi dengan bagian siwak yang sudah berbentuk bulu tersebut. Nah kita jadi tau kan lovers apa manfaat dari kayu siwak dan gimana cara pakai nya.

TrendingMore