6 Penyebab Motor Susah Hidup dan Solusinya 6 Penyebab Motor Susah Hidup dan Solusinya -->

6 Penyebab Motor Susah Hidup dan Solusinya

25 Apr 2021



Kabar Ngetren- Hi sob, Kalian pernah enggak sih saat mau bepergian ketika mau ngidupin motor susah hidup, bahkan motor det total? Untuk menghidupkan motor yang enggak ada masalah itu di starter langsung jreng.

Tapi neh sob, terkadang susah sekali walaupun tombol starter di pencet berkali-kali. Kalian tahu enggak sih, kalo ternyata yang menjadi biang keroknya iyu terkadang hanya sepele.

Nah, kalo motor kalian ngalami kejadian seperti ini, enggak usah panik dan enggak usah buru-buru di bawa kebengkel. Lebih baik baik di lakukan pengecekan terlebih dahulu.

Berikut urutan pengecekan kenapa motor susah hidup tau motor mati total.

1. Sekring utama
Hal pertam yang perlu di adalah sekring, karena sekring salah satu peran utama dalam kelistrikan sepeda motor. Suplay listrik yang mengalir dari aki menuju ke komponen elektrik sepeda motor lainnya itu melewati sekring dulu. Kalo sekring putus otomatis motor mati total.

2. Tombol starter
Kedengarannya sepele tapi tombol starer mejadi salah satu penyebab motor enggak bisa di hidupkan. Untuk motor yang usianya sudah di atas dua tahun biasanya switch tombol starter kotor.

Kalo tombol starernya kotor biasnya motor susah hidup, Saat di pencet tombolnya enggak konek karana terhalang oleh kotoran atau daki di swtch staernya. Solusinya bisa di bersihkan, tapi lebih enak ganti tombol starer baru.

3. Aki lemah
Entah itu motor matic, motor bebek, motor injeksi dan semua motor sudah pasti membutuhkan aki untuk menyimpan dan menyuplai kebutuhan kelistrikan pada motor, termasuk untuk proses starter mesin. Aki sepeda motor umumnya memiliki tegangan 13.8 Volt.

Kalo tegangannya kurang dari 12 volt sudah jelas motor enggak kuat di starter, karena kinerja perangkat elektronik akan menurun, termasuk sistem starter mesin.

Kalo Aki lemah biasanya gejala lain seperti lampu jadi lebih redup, lampu seinnya ngedip cepat atau suara klaksonnya sember dll.

Solusinya kalo motor yang ada kick starternya, bisa pakai kick starer atau di engkol. Tapi untuk motor saat ini yang enggak ada kcik starternya bisa di jumper dengan motor lain.

Biasanya kalo akinya masih bagus, di panasi 10 menit aki masih bisa menyimpan arus dan mudah di starter. Tapi setelah di panasi kira-kira 10 menit dan motor di matiin, lalu di starter lagi gak bisa, sudah di pastikan akinya soak dan harus ganti aki baru.

4. Konslet
Konslet atau hubungan pendek dalam sistem kelistrikan motor juga penyebab utama kerusakan sistem starter. Ini biasanya terjadi karena ada kabel positif yang bocor atau sobek yang kegesek ke body besi.

Biasanya ini terjadi pada motor-motor yang pasang banyak aksesoris lampu dll. Kalo penyambungan kabelnya rapi sudah pasti aman, tapi kalo penyambungan kabelnya semrawut, kabel yang semrawut ini kegesek body besi dan bisa menimbulkan konslet.

Perlu di ingat, kalo sekring langsung putus motor aman, tapi kalo ukuran Amper sekringnya kegedean dan enggak putus, motor sampean yang negbul. Cara mengatasi kalo motor konslet, cek sumber jalur kelistrikan dari mana asal konslet tersebut.

5. Busi
Kalo businya lemah juga akan menyebabkan percikan api yang dikeluarkan terlalu kecil bahkan mati. Busi merupakan komponen penting dalam sistem pengapian, kalau busi bermasalah seluruh kerja sistem akan terganggu. Periksa apakah busi masih dalam kondisi baik, bersihkan kalo kotor atau berkerak.

6. Rasio Kompresi
Kalo masalah motor susah hidup pada saat-saat tertentu, misalnya ketika mesin dingin atau di pagi hari, tapi mesin masih tetap bisa dihidupkan dengan kick starter atau engkol berkali-kali, kemungkinan ada masalah dengan rasio kompresi di silinder.

Mesin memerlukan tekanan kompresi untuk membuat bahan bakar dapat terbakar. Bila rasio kompresi terlalu rendah, mesin akan sulit hidup khususnya di pagi hari saat mesin masih dingin.

Ad Placement

Ad Placement