Proses Siraman Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar Sangat Mengharukan -->

Proses Siraman Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar Sangat Mengharukan

20 Mar 2021



Kabar Ngetren - Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah sebentar lagi akan menikah. Jumat (19/3/2021), dengan adat Jawa Aurel dan Atta melaksanakan prosesi upacara siraman. Dengan menerapkan protokol kesehatan Atta dan Aurel pun nggak mengundang banyak orang, hanya 20 orang saja yang di undang.

Melansir dari Kompas.com, Berikut rangkuman tentang upacara tersebut. Sebagai ibu kandung Aaurel Hermansyah, Krisdayanti nggak hadir saat acara prosesi siraman putrinya berlangsung. Namun, walaupun demikian Kakaknya, Yuni Shara hadir untuk mendampingi Aurel.

Di tempat yang berbeda, Karena nggak bisa hadir dalam acara tersebut, Krisdayantipun sebenarnya juga sudah minta maaf kepada Aurel.

Sungkem, Aurel minta maaf
Kepada Anang Hermansyah dan Ashanty saat sungkeman, Aurel mengucapkan terimakasih kepada orangtuanya yang telah merawat dan membimbingnya sedari kecil hingga kini. "Loli (Aurel) mohon izin dan doa restu kepada Pipi, Bunda dan Mimi bahwa Loli akan menikah dengan calon suami pilihan Loli, Muhammad Attamimi Halilintar bin Halilintar Anofial Asmid," ucap Aurel. Seperti di kutip dari Kompas.com (20/3/2021).

Anang pun mengijinkan ijin kepada Aurel Hermansyah untuk menikah dengan pria yang ia pilih. Anang Hermansyah memberikan wejangan kepada Aaurel putrinya, wejangan Anang kepada putrinya agar selalu menghormati suaminya kalo suatu saat nanti sudah menikah dengan Atta. "Kamu harus ikut dengan suamimu, suamimu adalah imam kamu, kamu harus dengar apa pun yang diminta oleh suami kamu, jangan pernah berkata keras dan menghardik suami kamu, kamu harus sabar," ujar Anang.

Pesan Anang kepada Aurel untuk selalu bersabar dan kuat kalo kelak nanti sudah menjadi istri. Sebab surga istri di atas ijin suami. "Kuatkan sabar kamu, Nak, karena surgamu atas izin suamimu, yang kuat ya Loli (Aurel)," lanjut Anang dengan suara bergetar. Seiring dengan upacaranya, Anang memberikan doa agar rumah tangga Aurel selalu diberi rahmat dan ridha serta diberi keturunan yang saleh dan saleha.

Prosesi siraman Aurel diapit oleh Yuni Shara dan kakak Ashanty, Amalia Handayani, menuju area siraman untuk meminta restu. Sebelum siraman, konde dan kebaya yang di gunakan Aurel Hermansyah ketika sungkeman di lepas. Putri sulung Anang Hermansyah itu kemudian mengenakan kain merah dan juga rangkaian bunga melati yang menutupi dada.

Sumber air siraman berasal dari tujuh tempat yang berbeda-beda. Anang Hermansyah, menjadi orang pertama yang membasahi tubuh Aurel Hermansyah dengan air yang sudah dipenuhi bunga mawar, melati, dan kenanga. Disusul kemudian, ibu sambung Ashanty yang menyiramnya dari badan hingga kaki. Setelah itu, tujuh wanita yang dituakan mendapat giliran.

Kemudian, disiram dari kendi besar, Anang Hermansyah dan Ashanty kembali menyirami Aurel dari kendi kecil. Dari air itu juga, Aurel berwudhu. Terakhir, Ashanty memecahkan kendi tersebut sebagai simbol sang anak pecah pamor.


Sumber : Kompas.com
Baca juga artikel aslinya : Prosesi Siraman Aurel Hermansyah, Momen Mengharukan dan Wejangan Anang