Penyebab Knalpot Motor Matic Karbu Berasap -->

Penyebab Knalpot Motor Matic Karbu Berasap

17 Mar 2021



Kabar Ngetren -
Akan sangat menganggu dan merasa nggak nyaman kalo motor yang kita miliki ngebul berasap putih dari knalpot. Untuk menganalisa kenapa motor matic bisa ngebul keluar asap putih dari knalpot ini sebenarnya banyak faktor yang menjadi penyebabnya.

Ada beberapa penyebab motor matic ngebul keluar asap putih, pertama yang menjadi menimbulkan motor matic anda ngebul asap putih di sebabkan oleh oli yang kebakar di ruang pembakaran.

Baca juga : 
Spesialis Pasang Kontak Keyless Alarm Motor Terbaik di Jakarta

Salah satu contoh pada motor yang menggunakan oli samping seperti motor 2 tak juga mengeluarkan asap putih dari knalpot, tapi emang itu wajar karena berasal dari oli samping sebagai pelumas ruang bakar.

Akan tetapi untuk motor matic yang emang mesinya 4 tak, harusnya nggak ada oli yang masuk ke dalam ruang bakar. Penyebab ngebul asap putih tersebut bisa di sebabkan karena beberapa faktor seperti berikut ini:

Kalo motor asapnya putih apalagi di starter susah biasanya ring pistonnya aus. Karena fungsi dari ring pistonnpart yang tugasnya merapatkan antara celah piston dengan silinder. Dengan adanya ring piston tersebut guna untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi ketika piston melakukan langkah kompresi.

Hal ini karena diameter piston tersebut jauh lebih kecil ketimbang diameter silindernya. Kalo silindernya di masukin piston maka bisa-bisa pistonya oblak. Akan tetapi karena adanya ring piston maka celahnya rapat dan nggak oblak.

Nah, jika ring piston tersebut aus, nggak menutup kemungkinan celah antara silinder dengan piston menjadi lebih lebar. Kalo sudah terjadi seperti ini efeknya nggak hanya kompresi yang ngedrop, tapi oli yang ada dibawah piston pun juga masuk kedalam ruang bakar melewati celah ini dan terbakar saat busi bekerja. Dan yang terjadi keluarlah asap dari knalpot.

Cara kerja ring piston maupun silinder ini ada adalah salaing bergesekan dan kedua komponen tersebut berbahan logam. Sehingga lama-lama keduanya akan mengalami ke ausan. Dimana bagian samping ring terkikis karena tergesek dengan silinder. Biasanya ada indikasi lain yang menyertai masalah begini, misalnya dipagi hari mesin susah hidup dan motor tarikanya ngempos karena tekanan kompresi menurun.

Seal klep bocor juga bisa menjadi penyebab motor matic ngeluarin asap putih. Klep atau katup bertugas untuk membuka dan menutup saluran manifuld mesin. Katup tersebut di kendalikan oleh sedemikian mekanisme katup yang ada didalam kepala silinder.

Sementara seal klep bertugas untuk mencegah oli keluar dari kepala silinder menuju ke manifuld pada saat katup bekerja. Seal tersebut berbahan karet, sehingga walupun cukup bagius buat ngerapetin celah akan tetapi part ini rentan rusak juga. Yang di sebabkan karena panas mesin. Ynag menyebabkan seal pecah lalu olinya bocor.

Kalo intake manifuld kemasukan oli, nggak menutup kemungkina olipun ikut masuk kedalam mesin. Tapi kalau oli bocor ke exhaust manifuld, oli tersebut bakal keluar dari knalpot kalau suhu mesin masih dingin. Jika suhu mesin panas, maka oli bakal terbakar karena panasnya suhu gas buang didalam knalpot, yang terjadi keluarlah asap putih dari knalpot

Tandanya kerusakan seal klep ini biasanya keluar asap putih saat di gas atau pas rpm tinggi. Ini karena gerakan katup juga makin cepat dan tekanan oli jugapun semakin besar. Sehingga oli menetes keluar lewat seal katup.

Selanjutnya packing silinder bocor. Jika merasakan suara mesin kasar gasket maupun packing kepala silinder adalah part yang bertugas untuk merapatkan kepala silinder dan blok silinder. Peran utamanya untuk perapat supaya nggak terjadi bocornya kompresi.

AKan tetapi karena jalur oli juga melalui bagian tersebut maka packing kepala silinder juga bekerja sebagai perapat jalur oli dari blok mesin menuju kepala silinder.

Yang sering terjadi kerusakan packing biasanya retak, keretakanya emang susah di prediksi karena memang tempatnya di tengah kepala silinder dan blog silinder. Tapi kalo emang terjadi seperti itu, oli bisa mengalir ngikutin jalur keretakan dan kemungkinan jalur keretakannya sampai ke ruang bakar. Sehingga oli bisa masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar dan terjadilah ngebul asap putih.