Aki KeringAki SoakMOTORNewsOTOMOTIF

Ternyata Begini, Cara Mengatasi Aki Kering yang Lemah

Darmaji Nss
14 Mar 2021, March 14, 2021
Last Updated 2021-08-28T21:23:37Z
Ben Apik Motor
Advertisement

Cara Mengatasi Aki Kering yang Lemah


Cara Mengatasi Aki Motor yang Soak

Kabar Ngetren - Untuk mengatasi aki kering yang sudah soak sebenarnya sangat mudah banget lho. Memang sih, aki kering itu butuh perawatan dengan benar supaya air atau jelly yang di dalam aki nggak cepat kering.

Karena alat penyimpanan daya listrik atau AKI pada motor adalah bagian penting pada kendaraan bermotor, apalagi untuk motor baru-baru sekarang ini full membutuhkan daya aki. Jadi kalo akinya soak ya motor mati total.

Baca juga : 

Ternyata Begini, Cara Mengatasi Aki Kering yang Lemah


Walaupun aki kering, tapi di dalamnya juga ada air akinya lho, sehingga sering kali mengering. Alasan ini membuat pemilik kendaraan perlu tahu cara mengatasi aki kering sehingga kalo ini terjadi anda bisa mengatasinya sendiri.

Aki kering kadang sering membuat pemilik motor panik dan akhirnya bisa mengganggu rencana anda untuk bepergian. Maka itu pentingnya perawatan baterai/aki kering bagi sang empu sepeda motor. Nah, berikut ini ada beberapa petunjuk untuk mengetahui cara mengatasi aki kering yang rusak.

Cara mengatasi aki kering yang rusak
Sebagai pemilik kendaraan umumnya nggak memperhatikan kondisi baterai atau aki, sehingga nggak sedikit juga yang nggak tahu kalo akinya soak atau rusak. Rata-rata orang nggak paham cara mengatasi aki atau baterai kering, anda sebagai pemilik kendaraan juga harus tahu sedikit tentang kelistrikan sepeda motor.

Pertama cara mengatasi aki kering yang rusak dengan cara di jumper dengan motor lain. Dengan cara ini anda membutuhkan sarana alat yang namanya kabel jumper. Untuk mendapatkan kabel jumper biasanya di toko onderdil mobil banyak.

Cara menggunakanya juga sangat mudah kok. Pada motor yang akinya soak, jepitkan jepit buaya yang merah ke positif aki dan jepit buaya yang hitam ke negatif aki. Jika sudah, beralih ke motor yang akinya masih bagus. Hidupkan motor yang untuk jumper lalu jepitkan jepit buaya merah ke positif aki, jepit buaya hitam ke negatif aki.

Jika semuanya sudah di pasang dengan benar lalu starter motor yang akinya soak tadi dan alhasil..jreng...motor langsung hidup. Bila aki masih bagus setelah kira-kira 10 menit motor di matiin lalu di starter lagi motor harusnya langsung bisa di starter.

Akan tetapi, kalo setelah 10 menit motor di matiin terus di starter lagi motor nggak kuat di starter, berarti aki benar-benar soak dan harus ganti aki baru.

Selanjutnya cara menatasi aki motor yang soak dengan cara di charger. Seakarang ini sudag banyak yang jual charger aki portable yang bentuk dan ukuranya sangat minimalis, untuk mendapatkan alat charger aki ini di toko-toko online yang jual juga banyak dan harganya juga murah. Jadi bisa di bawa ke mana-mana juga.

Hal seperti ini selain paham cara mengatasi aki kering yang soak atau rusak, sebagai pengguna kendaraan bermotor juga kudu paham ciri-cirinya kalo aki motor mulai soak. Dengan demikian anda bisa langsung mengatasinya kalo masalah seperti ini terjadi.

Kalo boleh jujur sih kebanyakan sang empu kendaraan bermotor jarang banget memperhatikan motornya, karena emang posisinya aki yang nggak kelihatan. Setelah mengetahui ciri-ciri soaknya aki anda harus lebih memperhatiaknnya supaya motonya nggak mogok dadakan.

Ciri-ciri aki mulai soak biasanya di iringi dengan lampu depan yang mulai redup dan suara klakson sudah nggak keras lagi. Apalagi untuk motor baru biasanya ketika di starter lampu indikator malah mati. Untuk mengatasi hal ini di sarankan memasang volt meter supaya bisa tahu kondisi aki masih bagus apa nggak.

Umumnya voltase aki saat standbay harus di atas 12 volt. Jika kurang dari 12 volt aki lebih baik di cas dulu supaya voltasenya normal. Untuk normalnya aki motor saat standbay di angka 13 volt

Tips untuk merawat aki kering supaya lebih awet.
Untuk aki motor yang usianya sudah di atas 6 bulan biasanya kepala akinya mulai kotor seperti daki. Anda harus membersihkan kotoranya dengan cara di ampalas dan setelah semuanya di anggap bersih pasang lagi kabel akinya dan baut dengan kencang supaya pengisianya maksimal.

Perawatan aki selanjutnya mengecek aki secara berkala menggunakan multitester digital suapaya tahu kondisi aki, karena satu merk aki saja kualitasnya beda-beda. Kalo mau simpel dan nggak ribet ya pasang volt meter saja.

Kurangai pemakaian aksesoris seperti lampu dan lain-lain. Karena beban aki sudah di tentukan untuk kebutuhan sepeda motor, jika anda menambah aksesoris, otomatis beban aki bertambah dan menyebabkan aki kekurangan daya dan lama kelamaan aki akan drop dan soak. Biasanya efeknya di masa pakai, misalnya kekuatan aki seharusnya sampai dua tahun, jika anda pasang banyak aksesoris paling umur aki hanya sampai satu tahun.

Jika anda rutin melakukan pengecekan akan lebih mudah untuk mengontrol tegangan aki sudah mulai menurun apa masih normal. Pengecekan aki biasanya di lakukan dalam beberapa periode dan secara berkala. Namun jika anda merasa kesulitan bisa di serahkan kepada yang sudah ahlinya.

TrendingMore