Penyebab Sekring Motor Putus dan Cara Mengatasinya -->

Penyebab Sekring Motor Putus dan Cara Mengatasinya

27 Feb 2021

 

Penyebab Sekring Motor Putus dan Cara Mengatasinya
Sumber gambar : automotivexist.blogspot.com

Kabar Ngetren - Gegara sekring motor putus bisa menjadi penyebab masalah pada sepeda motor Anda dan motor mati total. Kalo part komponen tersebut rusak atau putus sudah pasti kendaraan nggak berfungsi dengan baik. Alangkah baiknya di cari dulu apa yang jadi masalah dan bagaimana mengatasinya.

Karena, setiap sperpart memiliki peran yang berbeda-beda. Karena sekring pada kendaraan mempunyai fungsi sangat penting yang bisa memberikan dua fungsi.

Fungsi sekring antara lain melindungi sistem elektronik supaya nggak terjadi kerusakan. Untuk menjaga karena terjadi aliran listrik besar. Fungsi lainya adalah melindungi jika terjadi konsleting pada kelistrikan.

Salah satu contoh terjadi hubungan arus pendek. Karana komponen ini sangat sensitif. Sehingga pada saat aliran listrik melewati beban yang di butuhkan, fungsi sekring untuk melindungi.

Sehingga aliran listrik bisa tertahan dan sekring yang putus supaya sistem kelistrikan nggak kebakar dan biar nggak rusak. Jika sudah mengetahi bahwa sekringnya yang putus, maka anda harus segera menggantinya.

Untuk menjaga supaya tetap bekerja dengan maksimal, maka anda harus selalu memperhatikan part komponen yang satu ini. Dan sesuaikan dengan ukuran bawaan motor.

Hal itu tujuanya supaya semuanya dapat bekerja dengan maksimal. Kalo sudah sesuai, maka anda nggak perlu ganti komponen tersebut. Akan tetapi kalo memang belum sesuai, sesuaikan dengan memberikan tambahan relay.

Karena, biasanya kabel yang nggak standar kualitasnya sangat rendah. Bukan hanya itu, dengan penambahan relay dengan adanya hubungan arus pendek atau konslet dapat di cegah. Alangkah baiknya menggunakan sekring yang bagus dan ukuranya di sesuikan dengan bawaan motor.

Penyebab sekring motor cepat putus
Sekring pada motor mempunyai fungsi yang sangat fital. Nggak jauh beda dengan komponen yang lain, makanya membutuhkan perhatian dan perwatan. Anda juga harus menggantinya dengan yang baru jika memang sudah waktunya ganti.

Kalo nggak di rawat komponen juga bisa mengalami gangguan. Bisa saja sekring motor putus mendadak. Karana kejadian seperti ini bisa terjadi kapan dan di mana saja.

Masih banyak juga beberapa orang nggak begitu paham untuk menggantinya. Nmaun, sebagai pengguna motor sebaiknya kudu tahu komponen-komponen yang ada pada sepeda motor.

Sehingga jika terjadi masalah bisa mengatasinya sendiri tanpa harus ke bengkel. Cari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan sekring motor putus. Berikut ini yang menjadi penyebab sekring motor putus.

Aliran listrik yang terlalu besar
Kelebihan aliran listrik bisa menjadi penyebab utama sekring putus. Kalo terjadi seperti ini, sudah tentu sekring motor akan putus. Kabar buruknya, bisa bisa sekring motor bisa kebakar dan meleleh.

Mengatasinya sangat mudah, yang perlu anda ganti, ganti sekring yang Ampernya lebih besar. Tapi, ingat sebelum anda menggantinya perhatikan juga standar kabelnya juga harus harus yang bagus.

Sesuaikan kabel dengan beban Ampernya, umunya kabel untuk motor berukuran 0.85mm sampai 1mm. Karena kalo nggak di perhatikan bisa mengakibatkan kabel meleleh dan kebakar.

Hubungan arus pendek
Selanjutnya yang menjadi penyebab sekring motor putus yaitu adanya terjadi hubungan arus pendek atau konslet. Kalo hal ini terjdi, tentu akan timbul bahaya, dan sekring akan putus.

Karena ketidakstabilnya aliran listrik yang melewati sekring. Sehingga menimbulkan kerusakn dan sekring terputus. Untuk mengatasinya alangkah baiknya di telusuri pusat terjadinya konslet tersebut.

Akan tetapi, juga jangan asal ngecek, butuh pemahaman tersendiri supaya nggak muncul masalah baru. Kalo memang anda nggak paham kelistrikan lebih baik di bawa ke bengkel terdekat saja.

Untuk meminimalisir penyebab dan kerusakan komponen sekring pada kendaraan, terutama pada kelistrikan lebih di perhatikan dan perawatan dengan tepat. Kalo pasang aksesoris lampu dll pastikan gunakan kabel yang kualitas baik, sambungan kabel sudah tersanbung dengan baik dan rapi, berikan tambahan sekring.