Ciri-ciri Kiprok Rusak dan Cara Mengatasinya -->

Ciri-ciri Kiprok Rusak dan Cara Mengatasinya

25 Feb 2021


Ciri-ciri Kiprok Rusak dan Cara Mengatasinya

Kabar Ngetren - Ciri-ciri Kiprok yang rusak, Sepeda motor membutuhkan tenaga listrik untuk memasok kebutuhan kelistrikan, untuk lampu, klason dan serta kebutuhan listrik mesin. Makanya motor kudu ada akinya.

Namun, aki motor sebenarnya hanya berperan sebagai penyimpanan listrik. Sedangkan komponen penyuplay listrik utama untuk sepeda motor adalah altenator. Komponen alternator gunanya untuk menrubah energi putaran dari mesin motor ke daya listrik. Selanjutnya, listrik disimpan kedalam aki.

Aliran listrik yang di hasilkan oleh altenator sesuai dengan kecepatan mesin. Ini berarti bahwa ketika mesin RPM rendah, tegangan alternador juga rendah. Sementara kalo mesin RPM nya tinggi, tegangan yang didapat tinggi juga. Ini tentu saja tidak baik buat kelistrikan motor.

Untuk itu, ada part tambahan yang di sebut regulator atau, biasanya dinamakan kiprok, yang berfungsi mengontrol tegangan listrik altenador menjadi stabil meskipun dalam rpm tinggi.

Hanya saja, part ini juga ada masa pakainya. Wwalaupun sepele tapi masih banyak yang tidak tahu ciri-ciri kerusakan kiprok. Secara umum, mereka hanya menduga sepeda motor yang mogok karena busi rusak, karena kiprokpun juga dapat menyebabkan mesin yang rusak. Di bawah ini tanda-tanda kerusakan pada kiprok.

Ciri-ciri kiprok yang rusak biasanya aki cepat tekor.
Anda mungkin merasakan gejala awal ketika motor belum jalan. Biasanya kalo altenador dan kiproknya nggak rusak, tegangan aki kudu stabil terbaca 13,8 volt meskipun baru saja starter.

Tetapi jika sepeda motor Kiproknya rusak, anggap saja pengisian ke akinya lemah maka aki tidak sanggup lagi menyuplai listrik ke motor. Yang terjadi, Strum dari aki mengalami drop.

Kalo terjadi seperti ini, sudah pasti motor gak bisa di starter. Kemudian, ketika akinya tekor, belum tentu akinya yang rusak, karena kondisi kiprok yang tidak maksimal mensuplai listrik ke aki.

Lampu utama redup ketika motor di nyalakan
Biasanya, kalo kiprok lemah motor bisa dihidupkan dengan cara di engkol. Karena kebutuhan listrik masih dapat suplai dari tegangan aki dan tegangan kiprok.

Baca juga : Spesialis Kontak Keyless Alarm Motor Terbaik di Jakarta

Akan tetapi, dalam watu yang sama, saat menyalakan beberapa komponen listrik lainnya, seperti lampu maupun klakson, di tandai dengan lampu yang redup, tetapi lampu bisa terang ketika di gas ke RPM yang tinggi.

Perlu di perhatikan, peristiwa seperti ini dapat menyebabkan aki tekor dan menduga kalo akinya ynag soak. Kalo kita nggak ngecek kondisi kiprok, artinya sama aja. Walaupun ganti aki yang bagus sekalipun aki tetep drop.

Jika mengalami tanda-tanda seperti diatas berarti kiproknya mulai lemah, namun tidak terlalu beresiko buat mesin. Karena walaupun suplainya lemah masih bisa mensuplai kebutuhan kelistrikan mesin.

Motor tiba-tiba mati di tengah jalan dan gak kuat di starter
Kalo kiproknya benaran mati, sudah nggak ada lagi suplai listrik untuk kebutuhan listrik pada mesin. Yang terjadi, kalo tegangan baterai benar-benar drop, biasanya motor mati sama sekali dan di engkol pun sudah nggak bisa.

Hal seperti ini sering saat sepeda motor kita pakai, mendadak mati tanpa sebab diikuti seperti lampu dan speedometer yang nggak nyala sama sekali. Kalo kondisinya seperti itu, mesin nggak bisa dihidupkan.

Alasannya, mesin membutuhkan energi listrik untuk sistem pengapian. Jadi tanpa listruk tidak ada pengapian karena tidak berfungsinya sistem pengapian.

Kiprok Overcharging
Tiga hal di atas bisa di analisa ketika regulator kiprok motor sudah lemah atau mati. Dan sebaliknya, kiprok juga bisa mengalami overcharging. overcharging adalah Kondisi di mana Kiprok nggak bisa ngontrol besar kecilnya listrik dari alnenator. Jadi ketika RPM tinggi, menimbulkan beberapa tanda-tanda seperti

Lampu utama sering putus. karena bohlam lampu motor hanya 12 volt DC. Secara umum, lampu boHla beroperasi pada tegangan maksimum 15 volt. Ketika ada aliran lebih dari 15 volt, lampu otomatis bakal putus.

Mesin suaranya agak kasar. Ketika mesin berada pada RPM idle, umumnya akan sulit dianalisa karena suplai daya altenator juga masih stabil. Tetapi ketika mesin di gas, kondisi pengapian akan berubah karena input tegangan yang besar menyebabkan percikan busi menjadi lebih dan lebih tidak terkendali. Akibatnya, mesin suaranya jadi kasar bahkan dapat terjadi suara knalpot nembak.

Hal yang menjadi penyebab kelebihan overcharging asalnya bisa dari pengontrol IC. Dalam sistem pengisian, IC ini berperan seperti katup yang akan mengatur besar kecilan aliran.

Ketika katup ini rusak, aliran tidak dapat diatur. Dalam hal ini suplai dari Alternator yang seharusnya stabil sesuai dengan kebutuhan, itu bakal mengalir sepenuhnya.

Berikut ini cara memperbaiki kiprok yang rusak
Ketika kita berurusan dengan sistem kelistrikan, itu akan sedikit rumit karaena listrik yang tidak dapat dilihat tetapi dapat dirasakan. Jadi, kudu di pahami.

Ketika Anda sudah bisa menganalisa posisi masalah motor Anda ada pada Kiprok, langkah berikutnya lepas dulu part ini. Periksa kondisi terminal secara visual. Biasanya, ada luka bakar yang membuat terminal nyatu.

Part dalam kiprok, terdiri dari setidaknya dioda, transistor, resistance dan kartu IC. Bahkan, kita bisa mengatasinya karena komponenya ini tidak berbeda dengan komponen elektronik pada umunya.

Tetapi karena kurang begitu faham dan alat ynag terbatas, solusi terbaik dengan mengganti kiproknya. Sudah pasti, harganya nggak murah.

Sebenarnya, part tersebut tidak dirancang untuk diperbaiki. Akan tetapi, bagi Anda yang memahami tentang elektronik dapat mengganti komponen yang rusak. Biasanya, dioda adalah komponen yang sering konslet.

Alat yang utama yang di butuhkan adalah multimeter dan alat lainya seperti obeng dll.