Delay TimerKONTAK KEYLESSNewsOTOMOTIFTEKNOTimer Delay

Cara Membuat Timer Kontak Keyless Sepeda Motor

Darmaji Nss
5 May 2020, May 05, 2020
Last Updated 2021-08-29T21:57:49Z
Ben Apik Motor
Advertisement

Cara Membuat Timer Delay off Kontak Keyless



Cara membuat timer kontak keyless sepeda motor - Timer delay on atau delay off adalah suatu piranti yang menggunakan jeda waktu untuk mengoperasikan seperangkat kontak saklar.

Sering juga disebut relay timer atau relay penunda batas waktu yang biasa digunakan dalam instalasi motor terutama instalasi yang membutuhkan pengaturan waktu secara otomatis.

Cara Membuat Timer Kontak Keyless Sepeda Motor


Kontak NO dan NC pada Timer (Time Delay Relay) akan bekerja ketika timer diberi ketetapan waktunya, ketetapan waktu ini dapat kita tentukan pada resistor maupun elco yang terdapat pada timer itu sendiri.
 
Misalnya ketika kita telah menetapkan 10 detik, maka kontak NO dan NC akan bekerja 10 detik setelah kita menghubungkan timer dengan sumber arus listrik.

Bagi para pengguna sepeda motor NMAX, AEROX dan VARIO banyak yang mengganti kunci kontaknya dengan kunci kontak keyles. Nah agar si selenoid kontak keyles nya berfungsi dengan baik harus di kasih yang namanya timer.

Anda tidak perlu kuatir, karena admin akan memberikan tutorial bagaimana caranya membuat timer kontak keyles dengan mudah dan cukup beberapa komponen saja.



Pertama yang perlu di siapkan yang pasti solder dan timah serta part komponennya. Namun sebelum mencobanya yang perlu diperhatikan cek rakitannya sudah benar apa belum.

Nah, setelah semuanya di cek dengan teliti barulah Anda coba agar tidak terjadi kesalahan pada rangkaian timer.







Adapun komponen timer kontak keyles trigger negatif yang di perlukan :

1 transistor A733
1 Elco 47uf 16 volt
1 resistor 10k
1 dioda 1Amper
1 buah relay 12 volt 5kaki




Dengan komponen yang sangat sederhana dan mudah di rakit anda sudah bisa merakit nya sendiri.

Semoga bermanfaat

TrendingMore