Tips Perjalanan Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

Source img: news.okezone.com JAKARTA,  — Berbagai cara di lakukan untuk menuju kampung halaman, satu diantaranya dengan memanfaatkan...

Source img: news.okezone.com


JAKARTA,  — Berbagai cara di lakukan untuk menuju kampung halaman, satu diantaranya dengan memanfaatkan sepeda motor. Sebenarnya bukanlah cara yang terbaik, sebab sepeda motor tidak direkomendasi untuk jarak tempuh yang jauh, terlebih bila mengikutsertakan keluarga.

Pemerintah juga sudah mengimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor. Lantaran banyak resikonya. Meskipun demikian, tetap masih banyak yang mudik dengan kendaraan roda dua tersebut.

Nah, bila anda salah satu diantara pemudik yang nekat memanfaatkan sepeda motor, berikut wejangan dan tips agar aman dan tentunya selamat dalam perjalanan.

Tidur minimum 8 jam 

Musuh terberat buat pengendara sepeda motor jarak jauh yaitu diri sendiri, salah satunya kondisi fisik yang tidak sempurna. Karenanya jangan sampai memaksa diri bila keadaan kesehatan tengah tidak fit.

Diluar itu, pastikan Anda sudah tidur minimum 8 jam sebelum pergi mudik. Ini perlu untuk menghindari kantuk dalam perjalanan.

Pastikan semua kondisi kendaraan bekerja dengan baik

Sebelum malakikan perjalanan, sempatkan diri untuk ngecek kondisi sepeda motor Anda. Pastikan semua bekerja dengan baik, seperti rantai, rem, kelistrikan, lampu-lampu, sampai busi. Dan juga bawa kunci kunci seperlunya.

Sebaiknya sepeda motor diservice terlebih dulu sebelum dibawa mudik. Diluar itu perlu diingat bawa kelengkapan surat-surat kendaraan Anda.

Selanjutnya, kelengkapan berkendara juga harus dipakai, seperti helm serta sarung tangan. Pastikan juga jas hujan tidak ketinggalan. Wajib, selalu gunakan sepatu waktu mengendarai sepeda motor.

Istirahat setiap dua jam 

Memacu sepeda motor tidak cuma menguras tenaga, tapi konsentrasi pun perlahan-lahan juga akan berkurang. Sebab itu, untuk menghindari kelelahan sekaligus melindungi konsentrasi, istirahat tiap-tiap dua jam sekali walaupun hanya 15 menit.

Tentukan rute perjalanan

Satu hal lain yang tidak kalah penting disiapkan yaitu rute atau jalur yang bakal Anda tempuh. Tiap tiap rute, sudah pasti, ada resikonya. Sesuaikan rute dengan keadaan sepeda motor Anda.

Saat ini Anda dapat memilih rute dengan memanfaatkan aplikasi peta on-line. Pada beberapa aplikasipun juga memberikan situasi terbaru termasuk situasi kemacetan. Pilihlah rute yang aman dan dapat buat anda nyaman dalam perjalanan, bukan rute tercepat.

Usahakan berangkat subuh 

Waktu paling baik untuk berangkat yaitu subuh. Sebab saat itu keadaan tubuh tengah dalam kondisi bugar dengan catatan anda tidur 8 jam terlebih dulu.

Hindari mudik pas tengah malam. Sebab, kemungkinan mengantuk dapat mengganggu anda selama perjalanan. Diluar itu keadaan jalan yang asing juga menjadi resiko yang lain. Terlebih, belum tentu semua rute yang bakal anda lalui aman dari kejahatan.

Jangan membawa barang yang tidak perlu 

Mudik memanfaatkan sepeda motor memang relatif lebih murah, tetapi anda tidak dapat membawa banyak barang. Sebab, kelebihan beban malah dapat membahayakan diri sendiri.

Diluar itu, kelebihan beban juga dapat membuat sepeda motor bekerja lebih keras, dan tubuh andapun bisa merasa cepat lelah.

Janganlah terburu-buru

Keluarga memang menunggu di kampung halaman, tapi merekapun ingin melihat anda pulang dengan selamat. Sebab itu, jangan terburu-buru dalam perjalanan.

Nikmati perjalanan dan jangan sampai memaksa diri. Istirahat bila terasa capek atau mengantuk. Hal Ini penting supaya anda selamat sampai tujuan.

Persiapan ketika akan kembali

Setelah tiba di kampung halaman, perlu diingat untuk ngecek kembali keadaan sepeda motor anda. Pemeriksaannya sama dengan sebelumnya seperti anda saat mudik.

COMMENTS

Labels

Name

Artikel,2,BOLA,7,Budaya,6,Cara merawat aki,1,Diet,3,Gaya Hidup,6,HEALTH,27,INFO LALU LINTAS,4,ISLAMI,10,kecantikan,5,Kesehatan,15,LIGA INDONESIA,2,MOBIL,1,MOTOR,12,Motor Injeksi,1,NASIONAL,28,News,71,OTOMOTIF,7,PERISTIWA,6,PIALA DUNIA,1,Seleb,11,SPORT,1,TEKNO,7,
ltr
item
kabar ngetren: Tips Perjalanan Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor
Tips Perjalanan Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor
https://4.bp.blogspot.com/-L96Xgbm5aic/WxwF5bNxBQI/AAAAAAAABT0/Ofm0iEY2rFontqtdEZ3FNRlGeBVAlm2RACLcBGAs/s400/mudik%2Blebaran%2B1.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-L96Xgbm5aic/WxwF5bNxBQI/AAAAAAAABT0/Ofm0iEY2rFontqtdEZ3FNRlGeBVAlm2RACLcBGAs/s72-c/mudik%2Blebaran%2B1.jpg
kabar ngetren
https://www.kabarngetren.com/2018/06/tips-perjalanan-mudik-aman-menggunakan.html
https://www.kabarngetren.com/
https://www.kabarngetren.com/
https://www.kabarngetren.com/2018/06/tips-perjalanan-mudik-aman-menggunakan.html
true
3858445459527657469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy