Lakukan 5 Tips Ini Jika Motor Ditinggal Mudik

Foto: Wahanahonda.com Jakarta - Ketika mudik lebaran, selamat sampai kampung halaman juga penting. Namun Anda juga harus memastikan bar...

Foto: Wahanahonda.com
Jakarta - Ketika mudik lebaran, selamat sampai kampung halaman juga penting. Namun Anda juga harus memastikan barang yang ditinggalkan di rumahpun aman. Salah satunya sepeda motor.

Kendaraan roda dua ini tak bisa ditinggal begitu saja. Ada beberapa siasat agar motor tetap prima untuk digunaan saat pemilik selesai mudik. Ingin tahu tipsnya? Melansir dari liputan6.comSimak ulasan berikut ini:

1. Koordinasi Dengan Keamanan

Motor termasuk barang dengan kategori rawan pencurian. Lantaran itu, saat meninggalkannya di rumah, sebaiknya koordinasi dengan pihak keamanan setempat. Baik satpam, RT, RW dan Polsek setempat. Bahkan beberapa kantor polisi menyediakan jasa titip kendaraan, supaya lebih aman.

Baca juga: Tips Perjalanan Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

"Datang saja ke kantor polisi terdekat nanti tunjukkan identitas kendaraannya. Kalau itu sah, kami catat," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Reza Arief Dewanto seperti dikutip Liputan6.com.

Tetap kunci ganda motor Anda, meski sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan. Jangan hanya mengandalkan kunci stang. Demi keamanan, tidak ada salahnya kita menambah gembok yang diikatkan ke roda atau rantai motor.

2. Simpan Di Tempat Teduh
Jangan biarkan motor berada di area terbuka. Kalau terpaksa, sebaiknya tutup dengan kover anti-air. Bila terpapar cahaya matahari dan hujan terus menerus, cat motor bisa cepat kusam serta memudar. Pastikan juga Anda meninggalkan motor dalam keadaan bersih dan kering. Hal ini untuk memastikan tidak ada korosi akibat air. Lebih baik lagi, bila motor disimpan dengan standar tengah. Hindari pula ban menyentuh lantai, agar tidak cepat kempis.

Baca juga: Ternyata Ini Perbedaanya! Antara Single dan Twin Suspension Pada Motor

3. Isi Bensin Penuh atau kuras habis

Sebelum tinggalkan motor, Anda harus mengisi penuh bensin atau mengurasnya habis. Ini berguna mencegah karat di tangki yang berasal dari bensin menguap. Bila sampai terjadi korosi, banyak masalah bisa terjadi. Misal saja serbuk-serbuk karat larut dengan bensin, kemudian menutup lubang injektor dan menyebabkan motor tidak bisa aktif sempurna. Karat pun tidak menutup kemungkinan jadi penyebab tangki bensin bocor.

4. Cabut Arus Aki

Aki yang terus terhubung ke motor padahal tidak digunakan, berpotensi cepat soak. Hal ini dikarenakan arus listrik terus mengalir, tanpa adanya pengisian daya. Maka ada baiknya cabut arus aki sebelum meninggalkan motor.

5. Waspada Oli Turun

Oli pasti turun ke bagian bawah mesin, ketika motor ditinggalkan dalam waktu lama. Jadi saat pulang mudik, hidupkanlah motor dengan menggunakan kick starter untuk mengurangi beban kerja dinamo starter dan aki. Bila tidak ada kick starter, hidupkan mesin seperti biasa namun jangan langsung putar gas dalam-dalam. Biarkan motor idle supaya oli bersirkulasi sempurna.

Baca juga: Ini Cara Servis Yang Tepat, Ketika Mudik Lebaran Gunakan Sepeda Motor


Sumber : .liputan6.com

COMMENTS

Labels

Name

Artikel,2,BOLA,7,Budaya,6,Cara merawat aki,1,Diet,3,Gaya Hidup,6,HEALTH,27,INFO LALU LINTAS,4,ISLAMI,10,kecantikan,5,Kesehatan,15,LIGA INDONESIA,2,MOBIL,1,MOTOR,12,Motor Injeksi,1,NASIONAL,28,News,71,OTOMOTIF,7,PERISTIWA,6,PIALA DUNIA,1,Seleb,11,SPORT,1,TEKNO,7,
ltr
item
kabar ngetren: Lakukan 5 Tips Ini Jika Motor Ditinggal Mudik
Lakukan 5 Tips Ini Jika Motor Ditinggal Mudik
https://2.bp.blogspot.com/-6lWwI8Osu7c/WyDsmtwgMpI/AAAAAAAABYo/_7x9esQ2Z_Uvy4dQkwekvHQk9WmSTjv2QCLcBGAs/s400/aki%2Bmotor.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-6lWwI8Osu7c/WyDsmtwgMpI/AAAAAAAABYo/_7x9esQ2Z_Uvy4dQkwekvHQk9WmSTjv2QCLcBGAs/s72-c/aki%2Bmotor.jpg
kabar ngetren
https://www.kabarngetren.com/2018/06/lakukan-5-tips-ini-jika-motor-ditinggal.html
https://www.kabarngetren.com/
https://www.kabarngetren.com/
https://www.kabarngetren.com/2018/06/lakukan-5-tips-ini-jika-motor-ditinggal.html
true
3858445459527657469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy