Khotbah Di Istiqlal, Kata Aa Gym Orang 'Jatuh' Karena Lisan

Sumber foto: Mochamad Zhacky - detikNews Jakarta - Abdullah Gymnastiar memberikan khotbah bertema 'Meraih Kemenangan Pribadi Menuju ...

Sumber foto: Mochamad Zhacky - detikNews
Jakarta - Abdullah Gymnastiar memberikan khotbah bertema 'Meraih Kemenangan Pribadi Menuju Kemenangan Umat' saat salat Idul Fitri 2018 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

Abdullah Gymnastiar mengatakan, dengan panggilan akrab Aa Gym, ada indikator dalam mengukur kesuksesan hidup.

Menurut Aa Gym kunci kesuksesan hidup adalah akhlak. Menurut ia, jika Indonesia ingin menjadi bangsa yang bermartabat, yang pertama harus dibangun adalah akhlak yang baik.

"Ilmu yang kita pelajari, ibadah yang kita lakukan, ujungnya adalah kesempurnaan akhlak. Oleh karena itu, siapa pun yang ingin mengukur kesuksesan hidupnya kata kuncinya adalah akhlakul karimah. Siapa orang Islam yang paling benar pemahaman Islam-nya lihatlah akhlaknya. Siapa orang Islam yang paling sempurna imannya, orang yang paling sempurna akhlaknya. Oleh karena itu, bangsa ini tak akan pernah bermartabat kecuali membangun akhlak," kata Aa Gym di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (15/6/2018).

Kunci kesuksesan hidup selanjutnya adalah hati yang bersih. Menurut Aa Gym seseorang yang mau merasakan kebahagiaan dan kemuliaan hidup harus mempunyai jiwa yang bersih.

"Orang yang akan sukses adalah ingat bahwa Allah pernah bersumpah sebanyak 7 kali. Allah tidak pernah bersumpah sebanyak ini. 'Siapakah di antara kita yang paling beruntung adalah kita yang senantiasa membersihkan dirinya," ujar Aa gym.

"Lebaran, banyak yang bajunya bagus, indah, takut kotor. Tapi berapa banyak orang yang tidak takut kotor hatinya? Padahal kebahagiaan, kemuliaan, tergantung kesucian jiwanya," imbuh dia.

Menurut Aa Gym tidak sedikit orang yang paham akan agama namun tidak memiliki akhlak yang baik. Kondisi ini terjadi karena masih banyak orang yang sibuk membangun kecerdasan akal.

"Mengapa ada orang yang paham agama tapi akhlaknya tidak sesuai dengan apa yang dipahaminya? Karena dia hanya sibuk untuk kepintaran akal, tapi tidak sibuk membangun kecerdasan hati," ungkap Aa Gym.

Kunci terakhir kesuksesan hidup adalah menjaga lisan dan hawa nafsu. Aa Gym yakin orang-orang yang tidak bisa menjaga lisan dan hawa nafsunya tidak akan meraih kesuksesan hidup.

"Kebahagiaan, kesuksesan, adalah milik orang yang bisa mengendalikan diri. Kita sudah saksikan orang yang tidak bisa menjaga lisannya, jatuh. Orang yang tidak bisa menjaga syahwatnya, berzina. Orang yang tidak bisa menjaga, mengendalikan keinginannya, korupsi," papar Aa Gym.

Khotbah Aa Gym ini disampaikan di depan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). JK melaksanakan shalat Id di Masjid Istiqlal ditemani istrinya, Mufidah Kalla. Tak hanya JK, ada beberapa pejabat yang melaksanakan shalat Id di Masjid Istiqlal, antara lain Gubernur DKI Anies Baswedan dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.



Sumber: detik.com

COMMENTS

Labels

Name

Artikel,2,BOLA,7,Budaya,6,Cara merawat aki,1,Diet,3,Gaya Hidup,6,HEALTH,27,INFO LALU LINTAS,4,ISLAMI,10,kecantikan,5,Kesehatan,15,LIGA INDONESIA,2,MOBIL,1,MOTOR,12,Motor Injeksi,1,NASIONAL,28,News,71,OTOMOTIF,7,PERISTIWA,6,PIALA DUNIA,1,Seleb,11,SPORT,1,TEKNO,7,
ltr
item
kabar ngetren: Khotbah Di Istiqlal, Kata Aa Gym Orang 'Jatuh' Karena Lisan
Khotbah Di Istiqlal, Kata Aa Gym Orang 'Jatuh' Karena Lisan
https://1.bp.blogspot.com/-n4hwhVsKpQY/WyOn6KwMNWI/AAAAAAAAAD0/6LxECtAjkqcLl2Chzys1IaNdDAQDVL1uwCLcBGAs/s400/d6bae143-c9e5-41ff-8174-84543349a5e0_169.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-n4hwhVsKpQY/WyOn6KwMNWI/AAAAAAAAAD0/6LxECtAjkqcLl2Chzys1IaNdDAQDVL1uwCLcBGAs/s72-c/d6bae143-c9e5-41ff-8174-84543349a5e0_169.jpeg
kabar ngetren
https://www.kabarngetren.com/2018/06/khotbah-di-istiqlal-kata-aa-gym-orang.html
https://www.kabarngetren.com/
https://www.kabarngetren.com/
https://www.kabarngetren.com/2018/06/khotbah-di-istiqlal-kata-aa-gym-orang.html
true
3858445459527657469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy