Bakalan Seru Neh, Jika Meramal Jokowi Melawan Prabowo Pasca Pilkada Serentak 2018

Jakarta - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di prediksi bakal kembali mempertemukan Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto. Wala...


Jakarta - Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 di prediksi bakal kembali mempertemukan Joko Widodo (Jokowi) dengan Prabowo Subianto.

Walau masih setahun lagi, akan tetapi situasi Pilpres 2019 sudah terasa dalam Pilkada serentak 2018.

"Ibaratnya, dari survei yang ada, tokoh-tokoh ada yang masuk ke premiere league, ada dua nama yaitu Pak Jokowi dan Pak Prabowo, selebihnya hanya divisi 1 dan divisi 2," kata Waketum Gerindra Fadli Zon dalam acara Mata Najwa yang tayang di Trans7, Rabu (27/6/2018).

Jokowi yang kini masih menjabat sebagai Presiden RI sudah mengantongi 5 dukungan partai politik yang duduk di parlemen.

Kelima partai tersebut yakni PDIP, Golkar, NasDem, PPP, dan Hanura. Adapun partai non-parlemen yang mendukung Jokowi antara lain PSI, Perindo, dan PKPI.

"Kami sudah sepakat bahwa setelah Pilkada serentak selesai, kami akan bicara sama-sama (untuk koalisi Pilpres)," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di acara Mata Najwa.

Seperti kita ketahui Prabowo memang sudah dideklarasikan oleh partainya, Gerindra. Hingga kini baru PKS yang kemungkinan besar bakal merapat, akan tetapi belum melakukan deklarasi.

Meski di panggung nasional terlihat sudah berkubu-kubu, ternyata komposisi parpol di panggung daerah jauh lebih cair.

PDIP dan Gerindra berkoalisi di 48 Pilkada tahun ini, PDIP-PKS di 33 Pilkada, sedangkan PDIP-Gerindra-PKS di 21 Pilkada.

PDIP sebagai partai tempat Jokowi bernaung hanya menang di Pilgub Jawa Tengah versi quick count. PDIP kalah di Jawa Barat dan Jawa Timur dalam quick count. Tahun lalu, PDIP juga kalah di Pilgub DKI Jakarta serta Banten.

Untuk Pulau Jawa, jagoan Gerindra tahun ini justru kalah semua versi quick count. Namun Gerindra menggenggam kemenangan untuk Pilgub DKI dan Banten tahun lalu.

Meski kalah versi quick count di Pilgub Jawa Barat 2018, tetapi jagoan dari Gerindra-PKS mengalahkan jagoan PDIP.

Walau demikian, perhitungan quick count di Jawa Barat memenangkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang didukung NasDem dan PPP. Kedua partai itu adalah pendukung Jokowi untuk 2019.

Koalisi yang diperkuat PDIP-Gerindra-PKS di Jawa Timur, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno justru kalah.

Di Jawa Timur dalam quick count dimenangkan oleh Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak yang di antaranya diusung Golkar, PPP, dan NasDem yang tak lain pendukung Jokowi.

Jumlah pemilih di Jawa Barat adalah 31 juta, Jawa Timur adalah yang terbanyak kedua dengan 30 pemilih, sedangkan Jawa Tengah berjumlah 27 juta yang menempati terbanyak ketiga.

Jika dijumlah angkanya mencapai lebih dari 88 juta pemilih atau separuh lebih dari total DPT Pilkada serentak 2018.

Pemilihan Gubernur memang tidak hanya di Pulau Jawa. Untuk di Sumatera Utara, jagoan yang diusung PDIP-PPP-PKPI (Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus) kalah dari pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekhsah yang diusung Gerindra-PKS dan partai lain.

Di Pilgub Sumut terlihat partai pendukung Jokowi mengusung Djarot-Sihar, tetapi NasDem yang juga mendukung Jokowi justru ada di kubu Edy-Musa. Pemilih di Sumatera Utara adalah yang terbanyak keempat yakni 9 juta orang.

Sekilas masih belum terlihat mana yang jauh lebih unggul antara partai pendukung Jokowi atau Prabowo dari hasil Pilkada serentak 2018.

Selain itu masih ada Partai Demokrat, PKB, dan PAN yang belum menentukan arah koalisi di Pilpres 2019 tapi memenangkan sejumlah Pilkada 2018.  Sumber: Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews

COMMENTS

Labels

Name

Artikel,2,BOLA,7,Budaya,6,Cara merawat aki,1,Diet,3,Gaya Hidup,6,HEALTH,27,INFO LALU LINTAS,4,ISLAMI,10,kecantikan,5,Kesehatan,15,LIGA INDONESIA,2,MOBIL,1,MOTOR,12,Motor Injeksi,1,NASIONAL,28,News,71,OTOMOTIF,7,PERISTIWA,6,PIALA DUNIA,1,Seleb,11,SPORT,1,TEKNO,7,
ltr
item
kabar ngetren: Bakalan Seru Neh, Jika Meramal Jokowi Melawan Prabowo Pasca Pilkada Serentak 2018
Bakalan Seru Neh, Jika Meramal Jokowi Melawan Prabowo Pasca Pilkada Serentak 2018
https://4.bp.blogspot.com/-8eDLJohj8qw/WzRNr8B8z7I/AAAAAAAAAKA/CdzO71LsNOYp6ptbNK2WDqXjAV69PgG0wCLcBGAs/s320/20180628_095003.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-8eDLJohj8qw/WzRNr8B8z7I/AAAAAAAAAKA/CdzO71LsNOYp6ptbNK2WDqXjAV69PgG0wCLcBGAs/s72-c/20180628_095003.jpg
kabar ngetren
https://www.kabarngetren.com/2018/06/bakalan-seru-neh-jika-meramal-jokowi.html
https://www.kabarngetren.com/
https://www.kabarngetren.com/
https://www.kabarngetren.com/2018/06/bakalan-seru-neh-jika-meramal-jokowi.html
true
3858445459527657469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy