Selain Freatik, Ketahui Jenis Erupsi Gunung Lainnya

Kabar ngetrends - Menjadi negara yang terdapat di lokasi Cincin Api, Indonesia begitu kerap mengalami peristiwa meletusnya gunung berap...


Kabar ngetrends - Menjadi negara yang terdapat di lokasi Cincin Api, Indonesia begitu kerap mengalami peristiwa meletusnya gunung berapi. Yang paling baru yaitu erupsi Gunung Merapi di Yogyakarta pada Jumat (11/5).

Tidak seperti letusan gunung yang umum di ketahui keluarkan magma, erupsi freatik Merapi kali ini cuma berbentuk debu vulkanik karna Merapi mengalami erupsi freaktif.

Melansir dari cnnindonesia.com (11/05/2018) Erupsi freaktif yaitu satu diantara tujuh jenis erupsi gunung yang dibedakan berdasar pada berapa hal, termasuk juga muntahan serta volumenya seperti diambil dari GNS Science.

Erupsi Hidrotermal

Letusan ini didorong oleh panas dalam sistem hidrotermal Bumi. Letusan hidrotermal menghancurkan batuan di sekelilingnya dan dapat membuat gunung memuntahkan abu, namun tidak termasuk magma. Erupsi hidrotermal umumnya erupsi yang sangat kecil

Erupsi Freatik 

Letusan yang satu ini didorong oleh panas dari magma yang berhubungan dengan air. Air dapat berasal dari air tanah, system hidrotermal, limpasan permukaan, danau atau laut. Erupsi freatik menghancurkan batuan di sekelilingnya serta bisa menghasilkan abu, namun tidak membuat magma baru.

Letusan Freatomagmatik 

Freatomagmatik diakibatkan oleh interaksi magma baru atau lava dengan air serta bisa sangat eksplosif. Air dapat datang dari air tanah, system hidrotermal, limpasan permukaan, danau atau laut.

Lava 

Lava yaitu batuan cair yang meletus di permukaan tanah. Ketika batuan cair berada dibawah tanah, batu itu disebut magma.

Lava sendiri mempunyai tiga bentuk yaitu aliran cair yang umumnya merambat sangat lambat. Diluar itu, ada yang berupa seperti air mancur dimana lahar memancar cepat sampai membuat aliran lahar.

Bentuk terakhirnya yaitu kubah lava yang berupa gundukan. Dia terjadi saat lava kental meletus perlahan-lahan serta menumpuk diatas lubang, karna gagal menjadi aliran lava.

Lava mancur ini umumnya disebabkan magma kental, tebal, serta lengket yang kehilangan sebagian besar gasnya. Volumenya tidak sama dari beberapa meter kubik sampai kilometer kubik.

Erupsi Strombolian serta Hawaii 

Ini merupakan jenis letusan eksplosif yang paling tidak beringas. Erupsi Hawaii mempunyai air mancur api serta aliran lava, sedang erupsi Strombolian mempunyai ledakan yang mengakibatkan hujan fragmen lava.

Letusan Vulcanian 

Erupsi Vulcanian merupakan erupsi eksplosif kecil sampai sedang, yang waktunya cukup pendek dari beberapa detik sampai menit. Ketinggian debu vulkaniknya dapat menjangkau sampai 20 km, serta blok lahar dan bomnya dapat dimuntahkan dari lubang angin.

Letusan Subplinian dan Plinian 

Letusan ini adalah erupsi dengan tingkat debet magma yang tinggi, bertahan selama beberapa menit sampai berjam-jam. Letusan ini membuat letusan tinggi serta konvektif dari kombinasi partikel gas serta batu, dan bisa mengakibatkan dispersi abu yang luas.

Letusannya di dataran tinggi sampai 20 km serta relatif tidak stabil. Sedang letusan Plinian mempunyai tinggi menjangkau 20 sampai 35 km yang bisa roboh membuat arus kepadatan piroklastik (PDC's). Letusan ultraplinian begitu langka bahkan semakin besar dan mempunyai tingkat debet magma yang lebih tinggi dari pada letusan Plinian.

COMMENTS

Labels

Name

Artikel,2,BOLA,7,Budaya,6,Cara merawat aki,1,Diet,3,Gaya Hidup,6,HEALTH,27,INFO LALU LINTAS,4,ISLAMI,10,kecantikan,5,Kesehatan,15,LIGA INDONESIA,2,MOBIL,1,MOTOR,12,Motor Injeksi,1,NASIONAL,28,News,71,OTOMOTIF,7,PERISTIWA,6,PIALA DUNIA,1,Seleb,11,SPORT,1,TEKNO,7,
ltr
item
kabar ngetren: Selain Freatik, Ketahui Jenis Erupsi Gunung Lainnya
Selain Freatik, Ketahui Jenis Erupsi Gunung Lainnya
https://3.bp.blogspot.com/-mgeVp7kaHYw/WvWgGV8PlrI/AAAAAAAAA9w/Q8EFVf3S2MEUKEB-oViuf-8ETH8k9u0KgCLcBGAs/s400/Erupsi%2BGunung%2Bmerapi.jpeg
https://3.bp.blogspot.com/-mgeVp7kaHYw/WvWgGV8PlrI/AAAAAAAAA9w/Q8EFVf3S2MEUKEB-oViuf-8ETH8k9u0KgCLcBGAs/s72-c/Erupsi%2BGunung%2Bmerapi.jpeg
kabar ngetren
https://www.kabarngetren.com/2018/05/selain-freatik-ketahui-jenis-erupsi.html
https://www.kabarngetren.com/
https://www.kabarngetren.com/
https://www.kabarngetren.com/2018/05/selain-freatik-ketahui-jenis-erupsi.html
true
3858445459527657469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy