MOTORMotor InjeksiMotor MaticNewsOTOMOTIF

Cara Merawat Motor Matic Injeksi yang Baik dan Benar

Admin
30 Jan 2018, January 30, 2018
Last Updated 2021-05-24T14:58:01Z
Ben Apik Motor
Advertisement


Cara Merawat Mesin Motor Injeksi Pada Motor

Kabar Ngetren - Motor matic sepertinya telah menjadi paforit bagi pengguna sepeda motor di Indonesia. Alasan berpindah ke mesin matik karena tidak perlu oper gigi maupun mainin tuas kopling dan lebih nyaman di kendarai. Beberapa yang beranggapan kalo motor matic nggak serumit motor manual dan lebih mudah bagi yang baru belajar naik motor.

Apalagi jaman sekarang ini motor matic sudah menerapkan sistem injeksi. Karena mesin injeksi matic memiliki keunggulan dibandingkan mesin matic yang masih menggunakan karburator dalam sistem bahan bakar.

Motor injeksi matic memiliki teknologi terbaru yang dapat menekan penggunaan bahan bakar dan menyebabkan mesin berumur panjang daripada motor karburator. Mesin injeksi matic juga lebih hemat bahan bakar ketimbang motor matic yang masih karburator.

Meski demikian, untuk merawat motor injeksi matic tentu juga harus diperhatikan. Untuk menjaga kinerja mesin injeksi matic supaya tetap hemat bahan bakar, sering terjadi pemilik kendaraan mengabaikan perwatan motornya, padahal itu penting banget untuk di lakukan.

Di bawah ini ada beberapa tips untuk merawat motor injeksi yang sering kalaian abaikan

1. Panaskan mesin sebelum jalan.

Memanaskan mesin di pagi hari atau ketika mesin baru akan digunakan ini kudu di anggap perlu. Ini ditujukan agar komposisi pembakaran di mesin dapat sempurna sebelum digunakan.

Selain itu, pemanasan juga bertujuan untuk membuat minyak mesin melumasi semua bagian mesin motor, ini bertujuan supaya temperatur mesin notor tetap stabil.

Alangkah baiknya, pemanasan mesin motor dilakukan kira-kira 5 hingga 10 menit. Caranya melakukanya bisa dengan kick starter berulang-ulang dalam keadaan kunci kontak off. Ini berguna untuk membagi minyak ke dalam mesin. Setelah itu, Anda dapat menyalakanya dengan kunci kontak untuk menyalakan sepeda motor.

2. Mengendarai mesin motor dengan baik

Selanjutnya yang sering diabaikan untuk perawatan mesin injeksi matic adalah cara berkendara dengan baik. Jangan terlalu sering mengendarai mesin melaju dengan kecepatan tinggi dan megerem dengan dadakan, motor di pacu dengan kecepatan tinggi lalu di rem kembali, atau sebaliknya.

Kalo sering terjadi seperti ini Anda melakukan, maka usia mesi motor anda tidak akan lama dan cepat rusak

3. Periksa keadaan bahan bakar

Membiarkan sering kehabisan bensin untuk motor matic injek bisa menyebabkan mesin motor cepat rusak. Selalu periksa kondisi bahan bakar di tangki mesin injeksi matic Anda. Jangan biarkan tangki bahan bakar Anda sampai kondisi kosong. Mesin injeksi matic tidak boleh kekurangan bahan bakar karena dapat menyebabkan mesin motor mogok.

Hindari mengisi bahan bakar ritel yang sering dioplos. Bahan bakar oplosan tidak terlalu baik untuk pembakaran mesin motor, terutama mesin injeksi. Isi bahan bakar di tempat pengisian yang resmi.

4. Rutin mengganti oli mesin

Sebaiknya penggantian oli mesin ikuti sesuai dengan buku panduan. Mengganti oli mesin yang disarankan adalah setiap penggunaan 1500-2000 km. Kalo sering mengabaikan panduan ini akan membuat elemen motor Anda akan cepat rusak.

5. Memeroksa kondisi baterai dan busi

Performa mesin sangat didukung oleh komponen mesin yang memainkan peran penting seperti baterai dan busi. Perawatan komponen pengapian dan baterai sangat diperlukan untuk menjaga mesin tetap sangat baik dan kuat selama mengemudi.

Jika keadaan busi tidak berfungsi dengan baik, ganti segera dengan yang baru. Demikian pula dengan AKI, selalu periksa kondisi baterai dengan mendukung sistem mesin listrik. Jika tidak berfungsi, ganti dengan yang baru sesuai dengan rekomendasi mekanik.

Kenali karakteristik baterai yang rusak dan harus diganti sehingga mesin tidak mogok di tengah jalan saat bepergian.

6. Periksa roller dan V-BELT

Sebagai komponen dukungan motor dalam sistem drive motor, V-belt dan roller menjadi komponen yang sangat sensitif dari kerusakan karena penggunaan dan kotoran di ruang transmisi.

Periksa V Belt dan Rollers direkomendasikan secara berkala. Jika kondisinya tidak layak, segera ganti dengan yang baru dan asli.

7. Periksa shockbreaker

Perawatan terakhir yang sering diabaikan oleh pengguna mesin adalah komponen shockbreaker. Motor MACTIC menggunakan satu shockbreaker yang harus diperiksa oleh kondisi minyak dan operasinya.

Kalo motor matic Anda ada suara dari yang berasal dari shockbreaker, kemungkinan minyak shockbreakernya harus segera diganti. Rekomendasi penggantian minyak shockbreaker adalah 10.000 km pemakaian.

TrendingMore