Aki KeringCara merawat akiMOTORNewsOTOMOTIF

Anda Harus Tahu Penyebab Aki Motor Sering Tekor

Admin
13 Dec 2017, December 13, 2017
Last Updated 2021-05-24T11:10:56Z
Ben Apik Motor
Advertisement



Kabar Ngetren - Mungkin dari berjuta juta pengendara sepeda motor banyak yang ngalamin aki motornya yang sering tekor atau ngedrop. Tapi anda nggak usah kuawatir mari kita cek bersama sama. Biasanya seseorang pengguna sepeda motor apabila mengalami kejadian seperti akinya cepat tekor mereka langsung memvonis "gara gara pasang "A" aki saya cepat soak atau tekor". Padahal sebenarnya banyak faktor lain yang menyebabkan aki cepat motor sering tekor atau soak.

Setelah di lakukan survei di lapangan dari pengalaman temen temen maupun pribadi ada beberapa alasan mengapa aki bisa tekor.

Di bawah ini ada beberapa alasan kenapa aki  motor sering tekor.

1. Kiprok
Kiprok berperan sebagai suplay pengisian aki. Tapi kalau rusak atau bermasalah, efeknya aki overcharger maupun sebaliknya, yang berujung cepat tekor. Untuk mengetahui pengisiannya normal atau tidak, nyalakan mesin dan nyalakan lampu utama. 

Gas dipanteng pada putaran mesin antara 4.000-5.000 RPM. Pengisian bagus tegangannya antara 14-14.7 Volt. Kurang dari 14 Volt atau lebih dari 15 Volt, berarti sistem pengisiannya tidak normal karena kiprok bermasalah

2. Stop Lamp
Banyak kejadian stop lamp menyala terus, tapi sang pemilik tunggangan kurang memperhatikan. 

Akibatnya arus listrik dari aki kesedot terus selama mesin hidup. Maka tak heran jika aki cepat tekor. Biasanya terjadi karena setelan switch rem belakang berubah atau peranti tersebut memang rusak.

3. HID
Walaupun lebih terang dari lampu standar pabrik, akan tetapi peranti ini juga butuh suplai listrik lebih besar.  Ndak sedikit mekanik bengkel yang hanya pasang lampu HID tanpa adanya penyesuaian pada suplay pengisian. Akibatnya aki cepat ngedrop

4. Lepas aki apabila motor tidak di pakai lebih dari satu minggu
Sepeda motor yang lebih dari satu Minggu tidak di pakai juga bisa menyebabkan aki tekor. Karena kabel positif dan negatif masih terhubung dengan sepeda motor, dan kemungkinan besar arus yang tersimpan pada aki kesedot oleh bumi melalui body besi motor.

5. Faktor usia aki
Aki motor atau mobil umum nya bertahan kurang lebih 1.5 tahun. Jadi kalo punya aki sudah mendekati 1.5 tahun siap siap ganti baru. Terkadang aki baru pun juga enggak jaminan bakal bertahan sampai 1 tahun. 

6. Ada konslet atau short ke ground
Saat terjadi short ke ground pada salah satu rangkaian kelistrikan, hal itu akan menyebabkan adanya aliran elektron secara deras tanpa melewati beban. Sehingga beda potensial kedua kutub menjadi seimbang akhirnya tidak terjadi aliran listrij, dalam hal ini tegangan baterai drop.

Short to ground terjadi saat salah satu rangkaian power dari baterai menyentuh massa atau body motor secara langsung. Hal itu bisa menyebabkan panas yang berlebih di area kosleting karena elektron yang mengalir tanpa hambatan.

Hasilnya, paling ringan adalah baterai drop dan bisa menimbulkan kebakaran. Untuk itu, kosleting bisa dicegah dengan cara rutin merawat kondisi fuse atau sekering. Pastikan setiap rangkaian memiliki sekering sebagai pengaman.

Menurut pengalaman dari berbagai sumber yang namanya aki motor itu untung untungan. Karena yang namanya barang elektronik walaupun satu merek, satu tipe, satu jenis, tetapi ketahanan dan keawetannya nya tidak akan sama.

TrendingMore