Merawat MotorMOTORMotor InjeksiMotor MaticNewsOTOMOTIF

Tips Bagaimana Cara Merawat Motor Injeksi Matic Supaya Awet

Admin
16 Apr 2021, April 16, 2021
Last Updated 2021-08-25T17:45:56Z
Ben Apik Motor
Advertisement

                  

Kabar Ngetren - Pengguna sepeda motor matic di indonesia saat ini semakin banyak. Maka nggak heran kalo tua, muda, perempuan, maupun laki-laki sudah umum menggunakan motor matic tersebut. Sampai penjualanya saja mampu mengalahkan sepeda motor bebek maupun sepeda notor sport. 

Tentu nggak heran juga kalo belum banyak yang paham bagaimana cara merawat motor injeksi matic supaya awet.

Maka nggak heran kalo pabrik motor di indonesia berlomba-lomba mengeluarkan varian motornya matic terbarunya. Namun sayang, nggak sedikit para pemilik kendaraan hanya bisa mengandarai sepeda motornya saja, tapi kurang memberi perhatian untuk merawat sepeda motor maticnya.

Mau motor anyar maupun motor second tetap butuh perawatan supaya motornya awet dan nggak mudah rusak. Nggak perlu menyesal kalau ternyata nggak semua orang paham akan bagaimana kondisi mesin motor itu yang baik.

Jadi kalo emang anda sebagai pemilik kendaraan motor matic mudah-mudahan tips bagaimana cara merawat motor matic yang baik dan benar ini bermanfaat. Berikut adalah tips untuk merawat semua motor matic.

Walaupun nggak jauh beda dengan cara merawat motor pada umumnya, untuk merawat motor matic injeksi maupun motor matic yang masih karburator keduanya membutuhkan perawatan yang maksimal.

Memanaskan mesin dipagi hari dengan rutin
Guna untuk memanaskan mesin di pagi salah satu perawatan supaya oli yang ada di dalam mesin sudah siap untuk melumasi mesin sehingga mesin akan mengeluarkan performa yang maksimal.

Cara yang baik untuk menanaskan motor matic kira-kira 5 hingga 10 menitan di sarankan gunakan engkolan atau kick stater, karena kalo menggunakan starter tangan atau starter elektrik nanti malah mengurangi daya strum dari aki motor.

Rutin ganti oli
Ganti oli secara berkala adalah suatu hal yang penting. Untuk itu sebaiknya ikuti petunjuk buku service nya, biasaya untuk penggantian oli mesin setiap 1000 km untuk penggantian oli gardan atau oli transmisi biasanya kalo sudah sampai 5000 km.

Kalo acuan km lupa untuk ganti oli dengan metode perawatn rutin setiap dua bulan atau 3 bulan sekali juga nggak apa-apa, dan gunakan oli yang sesui dengan selera anda.

Jangan sampai kehabisan bensin
Untuk merawat dan menjaga motor matic kebiasaan paling buruk yang sering di lakukan bensinya sampai habis. Kalo motor matic sampai mogok karena kehabisan bensin bisa merusak mesin.

Kontrol kondisi roler dan vanbel
Mengecek kondisi vanbel adalah hal yang sangat penting dan nggak boleh di abaikan bagi pengguna motor matic. Karena vanbel yang bahanya di buat dari karet takutnya bisa putus di tengah jalan dan mengakibatkan perjalanan anda terganggu.

Kalo emang sudah waktunya ganti vanbel ya kudu segera di ganti jangan sampai nunggu putus. Dan lebih baik gunakan sperpart yang original biar lebih awet dan tahan lama.

Merawat aki
Nggak mudah untuk di ketaui kondisi aki yang ada di motor matic, maka kebanyakan pemilik motor matic yang ngalami akinya sering soak. Kalo terjadi seperti ini tentu akan sangat merepotkan karena motor nggak bisa di nyalakan dengan starter elektrik dan terpaksa harus di engkol supaya motor bisa nayal. Untuk itu kalo usia aki sudah mendekati satu tahun di sarankan mengganti aki setelah penggantian terakhir.

Atur kesetabilan gas
Kebiasaan yang sering di lakukan oleh pengguna sepeda motor yaitu mempercepat motornya dengan cara dadakan dan sebaliknya. Karena nggak sadar bisa mesrusak usia mesin. Bukan hanya mesinya rusak kalo gasnya nggak stabil juga bisa merusak vanbelnya.

Ganti Oli Shockbreaker
Bukan hanya mesin saja yang pakai oli, Shockbreaker pun juga ada olinya. Maka dari itu kenapa perlu di ganti supaya kondisi shok motor tetap bekerja dengan baik. Biasanya pada setiap 10.000 km oli shok sudah waktunya di ganti.

Service secara berkala
Perawatan berkala untuk service motor matic antara lain penggantian oli, service karburator dan setting motor dll. Melakukan service motor berkala kira-kira setiap 3 bulan sekali supaya performa motor tetap terjaga.

Menggunakan bahan bakar yang berkualitas
Memang sih, merawat motor matic itu ganpang-gampang susah. Karena, nggak sedikit juga orang yang masih suka isi bensin campuran, maka itu anda juga kudu berhati-hati. Karena kualitas bensin juga sangat berpengaruh untuk motor anda.

Maka dari itu di sarankan isi bensin di pengisian bahan bahan yang resmi. Akan tetapi, biasanya kalo motor usianya sudah lebih dari 5 tahun sperpart serta mesin dan performanya sudah mulai berkurang. Untuk itu di sarankan isi bensin yang berkualitas dan lebih memperhatikan perawatan pada motor anda.

TrendingMore