Cara cek Pengapian dan kelistrikan sepeda motor

Hanya berbagi pengalaman aja, terkadang kita sering di buat bingung dengan kendaraan roda dua. Jangan asal potong kabel kendaraan kita , kal...


Hanya berbagi pengalaman aja, terkadang kita sering di buat bingung dengan kendaraan roda dua. Jangan asal potong kabel kendaraan kita , kalo mau nambah kunci rahasia maupun aksesoris lampu lebih baik bikin sambungan pake soket agar lebih aman. Seperti yang di alami Vega R punya saudara yang kebetulan di pake istri buat antar sekolah anak.

Kejadianya kmaren pagi pas mau berangkat antr anak sekolah, lampu indikator nyala kok motor ndak bisa di stater maupun kick stater, sebenarnya ane kurang faham masalah mesin tapi penasaran kok ini motor ngambek? setelah tanya temen, ane ikutin dah petunjuk pengecekan dari pengapian dari pulser, cdi ,koil bahkan sampai tak ganti CDI sama motor sejenis pun neh motor masih tetep ngambek.

Filing gwa sih CDI nya yang tewas, tapi temen gwa yakin ke tiga sperpart itu ndak mungkin tewas, setelah putus asa karena dah seharian ndak nemu penyakitnya , ya sudah lah mending nyeduh kopi + nyalain gp(gudanggaramfilter) . Setelah melamun terpikir , oiya mungkin ada kabel yang putus neh.

Nah..setelah motor tinggal rangka ada solasian kabel yang mencurigakan .ternyata kabel yang menuju ke CDI , dan ternyata...kabel massa yang ke CDI bekas di potong dan itupun bekasnya udah lama banget. Kemungkinan karena nyambungnya asal asalan lama kelamaan lepas tuh sambungan kabel. Setelah ane rapiin tes pengapian busi langsung jjjrrreenngg...betapa senangnya hatiku...

Saran ane kalo pengapian motor dari busi tidak ada sama sekali , kemungkinan busi, coba ganti pake busi motor sebelah yg masih nyala, kalo ganti busi motor ndak mau hidup juga cek kabel kabel, terutama kabel yang menuju ke koil, kabel yang menuju ke cdi dan kabel pulser.

Jangan langsung ganti sperpart sebelum terbukti rusak, biasanya hanya soket kotor, soket kendor, dan kabelnya putus itu yang menyebabkan motor hilang pengapian. Apabila mau pasang kunci rahasia atau aksesoris lampu usahakan jangan memotong kabel karena resikonya bisa fatal, selain terjadi konslet juga bisa menyebabkan motor mati mendadak.

Kalaupun harus memotong kabel usahakan sambunganya di kasih soket agar lebih aman dan lebih kuat, selain dari pada itu juga menghindari konseleting kelistrikan.

Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat ...
Wassallam...

COMMENTS

Labels

Name

Artikel,2,BOLA,7,Budaya,6,Cara merawat aki,1,Diet,3,Gaya Hidup,6,HEALTH,27,INFO LALU LINTAS,4,ISLAMI,10,kecantikan,5,Kesehatan,15,LIGA INDONESIA,2,MOBIL,1,MOTOR,12,Motor Injeksi,1,NASIONAL,28,News,71,OTOMOTIF,7,PERISTIWA,6,PIALA DUNIA,1,Seleb,11,SPORT,1,TEKNO,7,
ltr
item
kabar ngetren: Cara cek Pengapian dan kelistrikan sepeda motor
Cara cek Pengapian dan kelistrikan sepeda motor
https://3.bp.blogspot.com/-NsSQ_nhqEck/WhJFkjzD0YI/AAAAAAAAjk4/ZNJWQ3YAqycX4d5b5rXO8ceQygR8VaFSwCKgBGAs/s400/IMG_20171120_072149.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-NsSQ_nhqEck/WhJFkjzD0YI/AAAAAAAAjk4/ZNJWQ3YAqycX4d5b5rXO8ceQygR8VaFSwCKgBGAs/s72-c/IMG_20171120_072149.jpg
kabar ngetren
https://www.kabarngetren.com/2016/07/cara-cek-pengapian-dan-kelistrikan.html
https://www.kabarngetren.com/
https://www.kabarngetren.com/
https://www.kabarngetren.com/2016/07/cara-cek-pengapian-dan-kelistrikan.html
true
3858445459527657469
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy